View Full Version
Senin, 12 Mar 2012

Komisi Penyelidik:Jenderal Yaman Bantu Al-Qaeda Rebut Posisi Militer di Abyan

YAMAN (voa-islam.com) - Sebuah komisi penyelidikan menemukan bahwa mantan komandan Wilayah Selatan Brigadir Jenderal Mahdi Maqwala terlibat dalam mendukung Al-Qaeda, sebuah surat kabar Emirat, Al-Bayan, telah mengutip perkataan sumber-sumber militer Yaman.

Sumber-sumber tersebut mengatakan kepada Al-Bayan pada hari Ahad bahwa Maqwala mendukung pejuang Islam dengan senjata dan membantu mereka untuk merebut posisi militer di provinsi selatan Abyan.

Mereka lebih lanjut mengatakan bahwa temuan dari penyelidikan akan diumumkan segera dan prosedur militer akan diambil terhadap pejabat yang terlibat.

Brigadir Jenderal Mahdi Maqwala adalah salah satu komandan yang paling dekat dengan mantan Presiden Ali Abdullah Saleh dan ia dipecat beberapa jam sebelum pejuang Al-Qaeda menyerang posisi-posisi militer Yaman.

Sebuah komisi militer yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Ali Mohammad Soleh untuk menyelidiki peristiwa yang dianggap sebagai serangan paling keras terhadap militer sejak AQAP mengontrol Zinjibar sembilan bulan lalu.

Dalam peristiwa tersebut lebih dari 180 tentara tewas dan 73 ditangkap pekan lalu saat peuang Islam yang berafiliasi dengan Al-Qaeda dibombardir pinggiran Zinjibar, ibukota Abyan. Para pejuang Islam juga mengambil alih senjata berat termasuk tank, meriam, peluncur rudal dan roket Katyusha. (by/yp)


latestnews

View Full Version