View Full Version
Kamis, 15 Mar 2012

Komite Penyelidik: 20 Tentara AS Terlibat dalam Pembantaian di Kandahar

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sebuah fakta mengejutkan dikemukanan oleh komite penyelidik Afghanistan bahwa pelaku pembantaian biadad di distrik Panjwayi, Kandahar pada Ahad dini hari (11/3/2012) dilakukan oleh lebih dari satu tentara AS.

Sebuah komite Afghanistan mengatakan bahwa 20 tentara AS telah terlibat dalam pembantaian biadab hari Ahad yang menewaskan sedikitnya 16 warga sipil yang kebanyakan perempuan dan anak-anak tersebut.

Panitia atau misi pencari fakta tersebut telah dibentuk oleh Parlemen Afghanistan untuk menyelidiki pembunuhan sedikitnya 16 warga sipil Afghanistan di distrik Panjwayi Kandahar.

..setelah menyelidiki keadaan dan berbicara kepada para saksi dan penduduk setempat, disimpulkan bahwa kejahatan tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu orang prajurit..

Menurut kepala misi, setelah menyelidiki keadaan dan berbicara kepada para saksi dan penduduk setempat, disimpulkan bahwa kejahatan tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu orang prajurit.

Seyed Ishaq Gilani juga mengatakan bahwa pemimpin agama dan tetua suku setempat mengatakan ada lebih dari satu prajurit yang terlibat dalam kejadian tersebut.

Kesimpulan dari komite penyelidik ini tentu sangat berbeda dengan pernyatan militer AS yang, entah sengaja untuk menutup-nutupi atau melindungi para pelaku lainnya dari pengadilan, bersikeras bahwa hanya satu prajurit terlibat dalam pembantaian biadab tersebut. (an/ptv)


latestnews

View Full Version