View Full Version
Rabu, 28 Mar 2012

Dephan AS Ajukan Dana Tambahan untuk Sistem Anti Rudal Israel

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Dukungan AS kepada militer Israel kembali terlihat dengan pengajuan dana tambahan oleh Departemen Pertahanan untuk sistem anti rudal negara Yahudi tersebut

Departemen Pertahanan AS akan meminta Kongres untuk menyediakan dana tambahan untuk sistem anti-rudal Iron Dome Israel, kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Sistem tersebut, yang dirancang untuk mencegat rudal jarak pendek, sebagian telah dibiayai oleh dana hibah Amerika Serikat sebesar 205 juta dolar AS. Menurut Departemen Pertahanan, sistem itu mencegat lebih dari 80 persen dari target serangan awal bulan ini, ketika hampir 300 roket dan mortir diluncurkan di wilayah selatan Israel.

"Departemen Pertahanan telah dalam membicaraan dengan Pemerintah Israel tentang dukungan AS untuk akuisisi sistem Iron Dome tambahan dan bermaksud untuk meminta tingkat dana yang sesuai dari Kongres untuk mendukung akuisisi tersebut berdasarkan persyaratan Israel dan kapasitas produksi," kata sekretaris pers George Little mengatakan dalam sebuah pernyataan.

..Mendukung keamanan Negara Israel adalah prioritas utama Presiden Obama dan Sekretaris Panetta..

Pekan lalu, senator Republik Howard L. Berman memperkenalkan Undang-undang Dukungan Iron Dome (IDSA) memberi hak Presiden AS Barack Obama untuk memberikan bantuan Iron Dome jika diminta oleh Israel. Sementara RUU ini masih dalam tahap awal dari proses legislasi, itu telah memenangkan dukungan dari kedua belah pihak, Haaretz melaporkan.

"Mendukung keamanan Negara Israel adalah prioritas utama Presiden Obama dan Sekretaris Panetta," tulis pernyataan Departemen Pertahanan.

Israel bergerak untuk mengembangkan sistem pertahanan udara Iron Dome setelah bertahun-tahun berjuang melawan pejuang Palestina di Jalur Gaza. Para pejuang telah menembakkan ribuan roket jarak pendek ke Israel sampai Operasi Cast Lead pada Desember 2008 hingga Januari 2009 mengakhiri serangan besar Palestina. Perang tersebut merenggut nyawa sekitar 1.500 warga Palestina.

Biaya peluncuran rudal Iron Dome tunggal diperkirakan mencapai puluhan ribu dolar, sementara peluncuran tunggal dari roket Qassam adalah sepuluh kali lebih murah. (st/rian)


latestnews

View Full Version