View Full Version
Sabtu, 31 Mar 2012

Israel Bunuh 1 Warga Palestina, Lukai Ratusan dalam Protes Hari Tanah

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Satu orang telah tewas dan lebih dari 300 orang lain terluka dalam serangan Israel terhadap para demonstran menandai Hari Tanah di Tepi Barat dan Jalur Gaza, Press TV melaporkan.

Setidaknya satu warga Palestina tewas dan lebih dari dua lusin lainnya terluka pada hari Jumat setelah pasukan Israel menembaki demonstrasi di Jalur Gaza utara.

Di Tepi Barat yang diduduki, pasukan Israel memukuli kerumunan para demonstran damai di Al-Quds (Yerusalem) dan menangkap sejumlah demonstran.

Polisi Israel juga menembakkan peluru karet dan gas air mata, dan menggunakan granat kejut untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

Pecahnya kekerasan juga dilaporkan terjadi di kota Qalandiya Tepi Barat.

Aksi unjuk rasa Jumat, yang dihadiri oleh kelompok aktivis hak asasi manusia internasional, merupakan bagian dari kampanye internasional yang disebut Global March to Al-Quds (Yerusalem), sebuah gerakan internasional damai yang juga mengutuk pendudukan Israel atas kota suci tersebut.

Acara ini menandai Hari Tanah dan serangan mematikan militer Israel pada warga Palestina yang memprotes secara damai kebijakan tanah Tel Aviv pada tahun 1967.

Protes serupa telah diselenggarakan di ibukota Lebanon dan Suriah. Aktivis solidaritas Palestina mengatakan protes telah direncanakan di sejumlah 80 negara.

Sementara itu, Israel telah memperketat keamanan di wilayah perbatasan Dataran Tinggi Golan di Suriah, mendirikan pagar baru dan menanam ranjau darat di dekat garis yang memisahkan dataran strategis itu dari Tepi Barat yang yang dijajah. (st/ptv)


latestnews

View Full Version