View Full Version
Jum'at, 20 Apr 2012

Helikopter Black Hawk Jatuh di Afgahnistan Selatan Tewaskan 4 Tentara AS

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sebuah helikopter Black Hawk  jatuh pada Kamis (19/4/2012) di Afghanistan selatan, membunuh semua anggota awaknya yang berjumlah empat orang yang semuanya berasal dari Amerika - seorang pejabat militer AS mengatakan.

Kecelakaan itu terjadi dalam cuaca buruk, meskipun pejabat itu mengatakan, "Kami belum bisa mengesampingkan aksi musuh."

Pasukan di sebuah pos tempur di daerah tersebut yang sedang menunggu untuk dijemput melihat kecelakaan itu terjadi, kata pejabat tersebut. Helikopter lain yang terbang di dekatnya tidak terpengaruh.

Kecelakaan fatal helikopter yang melibatkan anggota Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO beberapa kali terjadi sebelumnya di Afghanistan, dengan beberapa pesawat yang ditembak jatuh oleh tembakan musuh sementara yang lain jatuh karena alasan mekanik.

Kerugian paling mematikan bagi pasukan AS sejak perang Afghanistan dimulai pada akhir 2001 terjadi pada bulan Agustus, ketika 30 anggota pasukan AS tewas ketika helikopter yang membawa mereka jatuh saat mereka memperkuat pasukan lainnya, kata para pejabat. Tujuh tentara Afghanistan tewas dalam kecelakaan yang sama.

Seorang pejabat militer AS mengatakan kemudian bahwa pejuang Islam diyakini telah menembak jatuh di Chinook CH-47 tersebut. Taliban mengatakan bahwa para pejuang Islam menembak jatuh helikopter itu dengan granat berluncur roket.

Bulan lalu sebuah helikopter ISAF-NATO juga jatuh di ibukota Afghanistan Kabul dan menewaskan 12 orang. (st/cnn)


latestnews

View Full Version