View Full Version
Sabtu, 26 May 2012

Bom Jibaku Tewaskan 14 Anggota Syi'ah Houti di Provinsi Jawf Yaman

JAWF, YAMAN (voa-islam.com) - Setidaknya 14 pengikut Houthi dan orang yang lewat tewas dalam pemboman jibaku di provinsi Jawf Yaman pada Jumat, kata sumber keamanan.

Sebuah mobil bermuatan bahan peledak ditabrakan ke sekolah yang menargetkan pertemuan orang-orang Syi'ah Houthi di provinsi timur laut tersebut, membunuh sepuluh pengikut Huthi termasuk seorang anak dan empat orang yang lewat, kata sumber tersebut.

Beberapa lainnya terluka dalam pemboman bertepatan dengan laporan Kelompok Houthi menggagalkan upaya lain untuk melakukan bom jibaku di provinsi Saada.

Media mengutip seorang juru bicara di kantor pemimpin kelompok Syi'ah itu mengatakan seorang pembom bunuh diri dengan sabuk peledak mencoba untuk menargetkan pertemuan mingguan oleh kelompok tersebut di jalan raya tetapi dia menjadi bingung meledak diri dari pertemuan tersebut.

Kelompok Syi'ah Houti, yang telah berperang dengan tentara Yaman enam kali dan diduga menerima dukungan Iran, tidak menuduh siapa pun.

Dua tahun lalu, Al-Qaidah membom sebuah konvoi di Jawf, membunuh dan melukai puluhan anggota Syi'ah Houthi.

Kelompok Syiah mengontrol banyak bagian di Saada, Jawf dan provinsi di dekatnya.

Para pengamat mengatakan Houthi dan Al-Qaidah adalah kelompok bersenjata paling ekstrim di wilayah tersebut dan mereka menimbulkan ancaman serius bagi stabilitas Yaman.

Meski sama-sama memerangi pemerintah Yaman, dua kelompok tersebut memiliki aqidah yang berbeda, Al-Qaidah berfaham Sunni, sedangkan Houti berfaham Syi'ah. (st/yp)


latestnews

View Full Version