View Full Version
Senin, 04 Jun 2012

Presiden Bassar Al-Assad Bantah Terlibat Pembantaian Houla

SURIAH (voa-islam.com) - Meski pengakuan para saksi mata yang lolos dari pembantaian Houla mengatakan bahwa tentara Suriah dan milisi propemerintah yang berada dibalik peristiwa sangat mengerikan tersebut, pemimpin Suriah tetap membantah para loyalisnya terlibat dalam peristiwa Houla yang terjadi sepekan lalu.

Dalam pidato pidato di parlemen yang disiarkan melalui televisi, hari Ahad (3/6/2012), Presiden Suriah Bashar Al-Assad membantah keterlibatan tentara pemerintah dalam pembantaian di Houla.

Lebih dari 100 orang, banyak di antaranya anak-anak, tewas dalam serangan antara 25 dan 26 Mei, sebagian besar ditembak atau ditikam dengan pisau dari jarak dekat.

Presiden Assad menggambarkan pembunuhan ini sebagai kejahatan yang keji.

"Apa yang terjadi di Houla dan tempat-tempat lain (di Suriah) adalah pembantaian yang brutal, yang tidak akan dilakukan oleh monster sekali pun," kata Assad.

"Jika kita tidak merasakan sakit dan sesak di dada setelah mengetahui kejadian itu, terutama yang menimpa anak-anak, maka kita bukan manusia," kata Assad.

Frustrasi Annan

..penyelidik PBB mengatakan eksekusi para korban dilakukan secara cepat dan sejumlah saksi mata mengatakan milisi propemerintah melakukan sebagian besar pembunuhan tersebut..

 

Para penyelidik PBB mengatakan eksekusi para korban dilakukan secara cepat dan sejumlah saksi mata mengatakan milisi propemerintah melakukan sebagian besar pembunuhan tersebut.

Pembantaian ini memicu kecaman internasional dan membuat beberapa negara mengusir diplomat Suriah untuk memprotes insiden di Houla.

Dalam pidato ini Assad kembali menuding pemberontak, yang didukung kekuatan asing, sebagai pihak yang mengacaukan Suriah.

Ia mengatakan ia menghadapi apa yang ia sebut gerakan untuk memperlemah Suriah.

Menurut Assad satu-satunya cara untuk keluar dari krisis ini adalah melalui dialog politik. Namun ia menegaskan pemerintah tidak akan bersedia berunding dengan orang-orang yang tidak mewakili kepentingan rakyat Suriah.

Utusan internasional untuk Suriah, Kofi Annan, mengatakan hari Sabtu bahwa ia frustrasi karena Assad gagal mewujudkan berbagai janji untuk mengatasi masalah. (by/bbc)


latestnews

View Full Version