View Full Version
Selasa, 03 Jul 2012

Puluhan Tentara Suriah Kembali Membelot ke Turki

TURKI (voa-islam.com) - Puluhan tentara Suriah termasuk perwira tinggi mereka kembali membelot ke negara tetangga Turki, Senin (2/7/2012), kantor berita Anatolia melaporkan.

85 prajurit yang melarikan diri tersebut termasuk seorang jenderal dan para pejabat lainnya, kata kantor berita itu, mengutip pejabat lokal.

Pembelotan terbaru itu membawa jumlah jenderal Suriah yang telah menyeberang ke Turki, meninggalkan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menjadi 14 orang.

Kelompok terakhir tentara menyeberang ke Turki pada Reyhanli, di selatan negara itu. Mereka adalah bagian dari sebuah kelompok yang terdiri dari 293 orang termasuk banyak wanita dan anak-anak.

Turki sudah menjadi termpat berlindung lebih dari 35.000 pengungsi Suriah termasuk banyak desertir dari militer negara itu, yang telah melakukan tindakan keras terhadap para pengunjuk rasa oposisi yang telah dikecam oleh kekuatan Barat.

Ketegangan antara kedua negara telah meningkat sejak Suriah menembak jatuh sebuah jet tempur Turki bulan lalu.

Suriah menegaskan pesawat tersebut berada di wilayahnya ketika mereka menembak jatuh, yang Turki telah perdebatkan dengan sengit. Kedua pilot pesawat tempur itu hingga kini belum ditemukan.

Pada hari Ahad, Turki sendiri bergegas mengerahkan jet tempurnya setelah helikopter Suriah terbang dekat perbatasan. (by/AFP)


latestnews

View Full Version