View Full Version
Jum'at, 13 Jul 2012

Karzai: Mullah Omar Bisa Mencalonkan Diri jadi Presiden Afghanistan Jika Menyerah

KABUL, AGHANISTAN (voa-islam.com) - Presiden Afghanistan Hamid Karzai pada Kamis (12/7/2012) menyerukan pemimpin tertinggi Taliban Mullah Omar untuk menghentikan perlawan terhadap pemerintahannya yang didukung oleh AS sebagai imbalan atas kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai presiden dari negara yang dilanda perang tersebut.

Mullah Omar, pemimpin Taliban yang telah dalam perlarian sejak Amerika Serikat menggulingkan pemerintahannya yang sah pada akhir 2001, adalah salah satu pria di dunia yang paling diburu dan saat ini memimpin pemberontakan Taliban yang ditujukan untuk menggulingkan Karzai.

Karzai telah berulang kali meminta Mullah Omar dan para pejuang Islam lainnya yang melawan pemerintahannya untuk meninggalkan kekerasan dan menerima reintegrasi damai.

"Saya ulangi seruan saya pada semua warga Afghanistan, mereka yang bukan boneka orang lain dan (hanya) memiliki masalah dengan kami di sini - mereka dipersilahkan untuk melakukan setiap pembicaraan," katanya dalam konferensi pers.

"Mullah Mohammad Omar bisa datang di Afghanistan di mana saja ia mau. Dia bisa membuka kantor politik untuk dirinya sendiri tetapi ia harus meletakkan senjata.

"Dia bersama teman-temannya bisa datang dan membuat partai politiknya sendiri, menjalankan politik dan menjadikan dirinya sebagai calon presiden untuk pemilu. Jika orang memilih dia, kebaikan untuk dia, dia bisa mengambil kepemimpinan itu di tangannya, "kata Karzai.

Belum ada komentar dari pihak Taliban mengenai seruan dari Hamid Karzai tersebut, namun kelompok pejuang Islam Afghanistan itu telah berulang kali menolak tawaran perdamaian dari presiden Karzai dan awal tahun ini menarik diri dari eksplorasi pembicaraan dengan Amerika Serikat di Qatar. (st/dawn)


latestnews

View Full Version