View Full Version
Sabtu, 25 Aug 2012

Mullah Daadullah Syahid Oleh Serangan NATO

Serangan udara NATO di Afghanistan timur menewaskan komandan Taliban Pakistan, sebagaimana diakui oleh fihak NATO dan Taliban,i Sabtu. Kedua belah pihak mengidentifikasi jenazah Mullah Dadullah, dan termasuk sejumlah anggota Taliban lainnya, Jumat.

Pejabat  NATO mengatakan melakukan serangan bersama dengan Aliansi dalam melakukan operasi itu, yang menewaskan Mullah Dadullah dan wakilnya Mullah Shakir, juga tewas. "Dadullah, dikenal sebagai Jamal, yang bertanggung jawab dalam aksi serangan, dan membangun jaringan logistik dan persenjataan bagi Taliban, khususnya dalam menghadapi pasukan koalisi", ungkap pejabat NATO.

Dadullah (40-an), digantikan Maulvi Mohammad Faqir tahun lalu setelah Mohammad Faqir mengatakan kepada media bahwa Taliban mengadakan pembicaraan damai dengan pemerintah. Tetapi, isu perundingan denan pemerintah itu dibantah oleh fihak Taliban.

"Mullah Dadullah tinggal di sebuah rumah di Sheegal Darra, bersama dengan 12 pengawalnya, ketika mereka diserang. Semuanya tewas di tempat," kata salah satu komandan Taliban Pakistan.

Amerika Serikat dalam beberapa pekan terakhir meningkatkan serangan pesawat tak berawak di wilayah barat laut Pakistan sebagian besar di luar kendali pemerintah meskipun protes oleh politisi Pakistan.

Banyak warga Pakistan mengatakan pesawat melanggar kedaulatan nasional dan beberapa aktivis telah mengangkat keprihatinan atas kematian warga sipil. Drone serangan pada hari Jumat menewaskan sedikitnya 16 orang di barat laut Pakistan.

Dibagian lain, Baharuddin Haqqani yang merupakan anak Jalaluddin Haqqani, yang merupakan tokoh yang paling dicari oleh  Amerika Serikat, karena berbagai serangan atas kota Kabul, termasuk pusat komando pasukan Amerika Serikat, yang dihancurkan dengan serangan roket. Jallaahuddin Haqqani menjadi momok bagi pasukan Amerika Serikat dan NATO. mh


latestnews

View Full Version