View Full Version
Sabtu, 05 Jan 2013

Demi Kelancaran Perundingan Damai, Pemerintah Afghan Bebaskan 250 Tahanan Taliban

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Demi memuluskan langkah untuk membuka jalan bagi perundingan perdamaian dengan kelompok pejuang Islam di Afghanistan, pemerintah Afghanistan kembali melepaskan puluhan anggota Taliban yang mereka tahan di beberapa penjara di negara itu.

Pemerintah Afghanistan melepaskan 80 pejuang Taliban dari penjara Pul-e-Charkhi di bagian timur ibukota Kabul.

Menurut para pejabat sekitar 67 pejuang Taliban yang dibebaskan ditangkap oleh pasukan AS sehubungan dengan kegiatan pemberontakan melawan pemerintah Afghanistan dan sebelumnya ditahan di penjara Bagram yang baru-baru ini diserahkan kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Pembebasan ini datang saat pemerintah Afghanistan sebelumnya telah melepaskan sekitar 200 pejuang Taliban.

Jenderal Ghulam Farooq komandan polisi militer Afghanistan mengatakan, sekitar 131 tahanan lainnya juga akan dibebaskan dari provinsi Kandahar, Zabul dan Uruzgan Afghanistan.

Pemerintah Afghanistan berharap untuk membuka jalan bagi perundingan perdamaian dengan kelompok pejuang Islam di Afghanistan dengan melepaskan para anggota mereka yang ditahan namun pebebasan para pejuang Islam telah banyak dikritik.

Para pengamat mengatakan bahwa para pejuang Taliban yang dibebaskan akan melanjutkan perang melawan pemerintah Afghanistan ketika mereka bebas, tetapi para pejabat mengatakan bahwa pemerintah melepaskan para pejuang Islam yang telah diampuni oleh pengadilan dan mereka yang tidak terbukti memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok militan. (an/kp)


latestnews

View Full Version