View Full Version
Selasa, 08 Jan 2013

Prajurit Afghanistan Tembak Mati Seorang Tentara Inggris di Helmand

INGGRIS (voa-islam.com) - Seorang tentara Inggris telah ditembak mati oleh anggota yang diduga dari Tentara Nasional Afghanistan, Kementerian Pertahanan mengatakan.

Prajurit tersebut, dari Resimen Tehnik 28, tewas pada Senin (8/1/2013) di Afghanistan.

Pria penyerangnya juga gugur dalam serangan itu, yang terjadi di Pangkalan Patroli Hazrat, di distrik Nahr-e Saraj Provinsi Helmand.

Juru Bicara Satuan Tugas Helmand, Mayor Laurence Roche, mengatakan: "Ini adalah tugas menyakitkan saya untuk melaporkan kematian seorang prajurit dari Resimen 28 Engineer, yang ditembak dan dibunuh oleh anggota yang diduga dari Tentara Nasional Afghanistan di sebuah pangkalan patroli di distrik Nahr-e Saraj Provinsi Helmand.

Wartawan BBC Quentin Sommerville mengatakan pria bersenjata itu pertama kali menembaki pasukan Tentara Nasional Afghanistan, kemudian tentara Inggris, membunuh tentara Inggris dan melukai sejumlah orang lainnya. Pria tersebut gugur akibat tembakan balasan.

Dia mengatakan Taliban telah menyatakan bahwa pria bersenjata itu adalah penyusup mereka.

Sebuah penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan apakah penyerang memiliki hubungan dengan para pejuang Islam, Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Telah ada peningkatan tajam dalam apa yang disebut serangan penyusup terhadap pasukan lokal dan pasukan NATO di Afghanistan. Lebih dari 60 anggota layanan NATO dan seperempat dari pasukan Inggris yang tewas di Helmand pada 2012 tewas dalam serangan tersebut. (an/bbc)


latestnews

View Full Version