View Full Version
Selasa, 05 Feb 2013

Observatorium: Hampir 5000 Orang Tewas di Suriah Bulan Januari

INGGRIS (voa-islam.com) - Hampir 5.000 orang tewas di Suriah pada bulan Januari saja, menurut angka baru yang dilaporkan pada hari Ahad (3/1/2013) yang menggarisbawahi meningkatnya permusuhan di negara dimana ribuan orang melarikan diri setiap harinya.

Korban tewas terbaru - bulan terburuk kedua dalam konflik dua tahun - dilaporkan oleh Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, sebuah kelompok oposisi yang perkiraan korbannya telah secara konsisten dikonfirmasi oleh PBB.

Direktur Obeservatorium, Rami Abdulrahman, mengatakan para penelitinya telah mencatat kematian dari 4.851 orang pada Januari, di antaranya 1.030 adalah anggota pasukan keamanan reguler Suriah, sementara 3.305 adalah warga sipil atau pejuang Suriah.

Observatorium memperkirakan jumlah total kematian dari hampir dua tahun konflik Suriah, yang dimulai dengan protes damai terhadap Bashar Al-Assad dan berubah menjadi perang sipil mematikan setelah penindakan brutal dan kejam pasukan pemerintah terhadap demonstran, adalah 51.167 jiwa. Jumlah tersebut berada di bawah perkiraan PBB sebanyak 60.000 jiwa, namun metodologi Observatorium tersebut lebih konservatif, membutuhkan konfirmasi nama-nama orang mati. Dari jumlah itu, 3.717 korban perang adalah anak-anak dan 2.144 perempuan. (an/grdn)


latestnews

View Full Version