View Full Version
Rabu, 06 Feb 2013

Bulgaria: MIlitan Syi'ah Hizbullah Berada Dibalik Pemboman Bus Burgos

BULGARIA (voa-islam.com) - Pemerintah Bulgaria telah menuduh organisasi militan Syi'ah bersenjata yang bebasis di Libanon, Hizbullah berada di balik pemboman bus Burgos Juli lalu, yang menewaskan lima warga Israel.

"sebuah Asumsi yang dibenarkan dapat dibuat, bahwa dua orang dengan identitas yang sudah ditetapkan merupakan anggota unit Syi'ah bersenjata Hizbullah," kata Menteri Dalam Negeri Bulgaria Tsvetan Tsvetanov.

Dari tiga orang yang terlibat dalam serangan itu, semuanya menggunakan izin mengemudi palsu Amerika yang dicetak di Libanon.

Orang-orang Bulgaria mengatakan bahwa mereka adalah bagian dari sel Hizbullah, dan bahwa setelah penyelidikan enam-bulan mereka memiliki bukti dari pembiayaan dan hubungan antara orang-orang tersebut dan Hizbullah.

Tuduhan tersebut dapat menyebabkan Uni Eropa untuk mengikuti jejak AS dan mengklasifikasikan Hizbullah sebagai organisasi teroris.

Di Israel, Perdana Menteri Netanyahu menyambut baik temuan tersebut. Dia mengatakan Hizbullah dan pendukungnya Iran telah melancarkan "kampanye teror global" dan berharap Eropa akan mencatat karakter sejati dari militan Syi'ah Hizbullah. (an/Reuters)


latestnews

View Full Version