View Full Version
Senin, 01 Apr 2013

Laporan: Setiap Bulan 5000 Tentara Afghanistan Desersi dari Tugas

AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Menurut angka terbaru mengungkapkan bahwa dari setiap 10 tentara baru yang direkrut untuk menjadi anggota Tentara Nasional Afghanistan (ANA), setidaknya tiga dari mereka hilang karena telah dipecat, ditangkap atau tewas dalam tugas.

Masalah ini telah menciptakan kekhawatiran mengenai kemampuan pasukan keamanan Afghanistan untuk melindungi negara tersebut ketika pasukan koalisi meninggalkan Afghanistan dalam waktu kurang dari setahun.

Saat ini sekitar 5.000 tentara Afghanistan desersi setiap bulannya, sesuai dengan tingkat gesekan terbaru yang dikonfirmasi oleh pejabat Inggris.

Sementara tentara Afghanistan dan pasukan polisi dilihat sebagai hal yang penting untuk mencegah kembalinya Taliban berkuasa kembali, bagaimanapun kegagalan Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan '(ANSF) untuk mencapai target perekrutan dan retensi sangat menyulitkan bagi Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF)-NATO.

Pengkajian terbaru Pemerintah Inggris tentang kemajuan Afghanistan terhadap tujuan stabilitas dan demokrasi mengkonfirmasi bahwa tingkat rekrutmen yang  meninggalkan dinas militer mereka jauh lebih buruk daripada target yang ditetapkan oleh para pemimpin koalisi, sebesar 63.000 tentara setiap tahun, atau lebih dari sepertiga dari tentara Afghanistan, The Independent melaporkan.

Kementerian Luar Negeri (FCO) juga telah mengakui bahwa jumlah rekrutmen yang keluar dari Tentara Nasional Afghnistan (ANA), polisi perbatasan dan polisi nasional sipil telah menyebabkan "menguras kemampuan".

Sementara itu jurubicara kementerian pertahanan Afghanistan Jenderal Zahir Azimi mengatakan statistik laporan tersebut tidak benar dan ia juga mengesampingkan kekhawatiran bahwa tentara Afghanistan sedang terancam oleh tingkat desersi. (an/kp)


latestnews

View Full Version