View Full Version
Jum'at, 05 Jul 2013

Kelompok Islam Mesir Serukan Protes Damai Kecam Kudeta Militer

RABAA, MESIR (voa-islam.com) - Sebuah aliansi dari partai-partai dan gerakan Islam, termasuk Ikhwanul Muslimin telah menyerukan "protes damai" pada hari Jumat (5/7/2013) untuk mengecam penggulingan militer presiden yang berasal dari kelompok Islam tersebut.

Aliansi Nasional untuk Mendukung Legitimasi menyerukan "protes damai pada hari Jumat di seluruh provinsi Mesir untuk mengecam kudeta militer terhadap legitimasi dan mendukung legitimasi Presiden Morsi."

Aliansi tersebut menyelenggarakan konferensi pers di Rabaa pada Kamis sore, di mana protes yang direncanakan diumumkan.

Sebuah pernyataan yang dimuat di situs resmi Ikhwanul Muslimin, Ikhwanweb, juga pada hari Kamis, tertulis: "Kami menyerukan kepada demonstran untuk menahan diri dan komitmen untuk kedamaian. Kami mengecam praktek-praktek represif negara polisi yang sudah terjadi termasuk pembunuhan, penangkapan, pembatasan kebebasan dari media dan penutupan saluran-saluran TV."

Sebelumnya pada Rabu, militer Mesir yang mengklaim mandat dari rakyat melakukan kudeta militer menggulingkan Muhammad Mursi dari kursi presiden setelah setahun berkuasa. Selain mengkudeta Mursi dari jabatannya, militer juga menahan sang Presiden dan juga beberapa tokoh senior Ikhwanul Muslimin lainnya. Militer Mesir telah memasukkan daftar 300 nama tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin yang akan mereka tangkap berikutnya. (st/ahram)


latestnews

View Full Version