View Full Version
Selasa, 24 Sep 2013

Hingga Hari Ke 4 Kenya Masih Belum Mampu 'Jinakkan' Al-Shabaab di Westgate Mal

NAIROBI, KENYA (voa-islam.com) - Meski telah mengerahkan ratusan tentara serta polisi dan didukung oleh pasukan khusus Israel, pasukan keamanan Kenya yang mengklaim telah menguasai seluruh areal Westgate Mall dan menyelamatkan seluruh sandera yang ditahan oleh pejuang Al-Shabaab, masih terlibat baku tembak dan belum mampu "menjinakkan" satu atau dua penyerang tersisa yang kini terisolasi di salah satu bagian pusat perbelanjaan kelas atas itu.

Pertempuran antara pasukan khusus Kenya yang didukung komando Israel dengan para pejuang Islam bersembunyi di dalam pusat perbelanjaan Westgate Nairobi masih berlangsung pada Selasa (24/9/2013) ketika pengepungan memasuki hari keempat.

Sumber-sumber keamanan mengatakan kepada Agence France-Presse (AFP) bahwa mereka masih bertempur melawan "satu atau dua" pejuang Islam yang ditemukan dan terisolasi di atau sekitar kasino yang terletak di salah satu lantai atas kompleks.

Pada hari Senin, pasukan Kenya "mengendalikan" pusat perbelanjaan Westgate Nairobi, kata kementerian dalam negeri Kenya.

Setelah pengumuman tersebut, tembakan sporadis dan suara ledakan terdengar datang dari dalam mal saat fajar, para saksi mengatakan kepada AFP.

Kementerian pertahanan Kenya mengklaim bahwa "tiga pejuang Islam telah gugur sejauh ini", sementara "beberapa orang lainnya menderita luka-luka."

Diplomat tinggi Kenya mengatakan kepada PBS hari Senin bahwa dua atau tiga orang pemuda Amerika dan seorang wanita Inggris termasuk di antara para penyerang yang menyerbu pusat perbelanjaan Westgate Nairobi menewaskan lebih dari 60 orang.

Menteri Luar Negeri Kenya Amina Mohamed, diwawancarai oleh siaran publik AS di sela-sela acara PBB, mengkonfirmasi laporan bahwa warga Amerika dan Inggris termasuk di antara mereka yang melakukan penyerbuan itu.

Pengepungan itu telah merenggut nyawa sedikitnya 69 pembeli dan staf mal sementara Hampir 200 orang lainnya terluka.

Kelompok pejuang Islam Somalia, Al-Shabaab telah menyatakan bertanggung jawab atas serangan di Westgate Mall di Nairobi Kenya, mengatakan bahwa serangan itu adalah pembalasan selama hampir dua tahun kehadiran militer Kenya di Somalia yang dilanda perang dalam mendukung pemerintah Mogadishu memerangi pejuang Islam dan membunuhi Muslim di sana. (ab/aby)

Foto: Reuters


latestnews

View Full Version