View Full Version
Rabu, 27 Nov 2013

Pakistan Bebaskan 3 Pemimpin Senior Taliban

PAKISTAN (voa-islam.com) - Pakistan telah merilis tiga pemimpin Taliban dalam upaya untuk membantu memulai pembicaraan damai antara kelompok mujahidin Taliban dan pemerintah Afghanistan, laporan-laporan menyebutkan.

Para pejabat pemerintah Pakistan mengkonfirmasikan laporan itu mengatakan para tahanan yang dibebaskan pada hari Selasa (27/11/2013) termasuk Mullah Abdul Ahad Jahangirwal, mantan penasihat pemimpin Taliban Mullah Mohamad Omar, Mullah Abdul Manan, mantan gubernur Taliban di provinsi Helmand Afghanistan, dan Mullah Younus, seorang mantan komandan militer.

Pelepasan para pemimpin senior Taliban tersebut datang tak lama setelah delegasi dari dewan perdamaian tinggi Afghanistan yang dipimpin oleh Salahuddin Rabbani mengunjungi Pakistan untuk membahas proses perdamaian Afghanistan dengan pejabat Pakistan.

Delegasi dewan perdamaian Afghanistan tinggi dilaporkan bertemu dengan mantan wakil pemimpin Taliban Mullah Ghani Baradar selama kunjungan mereka ke Pakistan.

Mullah Abdul Ghani Baradar diyakini memiliki pengaruh tinggi di atas kelompok Taliban di Afghanistan, dan para pejabat Afghanistan percaya bahwa ia dapat membantu memulai perundingan perdamaian antara pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban.

Dengan dibebaskannya tiga pemimpin senior Taliban, Pakistan telah melepaskan sekitar 30 tahanan Taliban selama satu tahun terakhir. (st/kp)

Foto:Ilustrasi


latestnews

View Full Version