View Full Version
Jum'at, 29 Nov 2013

2 Roket Rakitan Ditembakkan Dekat Pangkalan Udara AS di Tokyo

TOKYO, JEPANG (voa-islam.com) - Dua roket berpeluncur rakitan telah ditembakkan dekat dengan pangkalan udara AS di dekat Tokyo, polisi mengatakan Jumat (29/11/2013), dengan kecurigaan jatuh pada salah satu dari kelompok kecil ultra-kiri Jepang.

Polisi Metropolitan Tokyo mengatakan insiden itu terjadi pada pukul 11:30 waktu setempat pada hari Kamis (29/11/2013), ketika benda terbang diluncurkan di dekat pangkalan udara AS Yokota.

"Beberapa laporan yang dibuat oleh tetangga bahwa mereka telah mendengar ledakan sekitar 11:30 malam. Polisi menemukan dua pipa baja, dua kabel, baterai, dan sebagainya," kata juru bicara Kepolisian Metropolitan Tokyo.

Laporan media setempat mengatakan bahwa pipa baja tersebut ditanam di tanah lapang dekat markas, diposisikan ke arah pangkalan tersebut.

Belum ada laporan segera mengenai kemungkinan korban atau kerusakan.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut, namun polisi mengatakan itu mungkin telah dilakukan oleh kaum ekstrim kiri.

Polisi telah melakukan penyelidikan pada sebuah kelompok kiri garis keras bernama Asosiasi Buruh Revolusioner Anti-Faksi Mayoritas, sejak insiden itu terjadi tak lama setelah mereka menangkap seorang anggota senior kelompok itu pada hari Kamis, penyiar NTV melaporkan.

Stasiun TV itu menambahkan bahwa kejadian serupa terjadi empat tahun lalu dan polisi menggerebek tempat persembunyian dari kelompok sayap kiri yang sama.

Hampir 50.000 personel militer AS dan keluarga mereka hadir di Jepang karena Tokyo dan Washington memiliki perjanjian pertahanan bersama.

Tetapi banyak orang di Okinawa, di mana sebagian besar tentara AS didasarkan, membenci kehadiran mereka dan kampanye semakin vokal ingin mereka pergi. Namun, laporan kekerasan untuk mencapai tujuan ini tidak umum. (st/ptv)

Ket: Polisi Jepang sedang menyelidiki lokasi peluncuran roket rakitan dekat pangkalan udara AS di Yakota, Tokyo. / Foto. AFP


latestnews

View Full Version