View Full Version
Kamis, 12 Dec 2013

Forum Jihad Honein Desak ISIS Bebaskan 2 Wartawan Spanyol yang Ditahan

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Sebuah forum online yang sering menampilkan pernyataan dari para jihadis telah meminta sebuah kelompok mujahidin Al-Qaidah di Suriah membaskan dua wartawan Spanyol yang diculik pada bulan September di negara yang dilanda perang tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang disertai dengan foto mereka yang diposting online pada Selasa (10/12/2013), Forum jihad Honein mendesak "saudara-saudara kami mujahidin di kelompok Negara Islam Irak dan Suriah Raya" (ISIS) untuk membebaskan wartawan Javier Espinosa dan fotografer Ricardo Garcia Vilanova.

Situs ini mengatakan kedua wartawan adalah " tangan yang benar untuk mengadvokasi masalah kami di Irak dan Suriah, dan menyampaikan kebenaran yang dibungkam," menambahkan "ada orang-orang di antara kita yang mengenal mereka dengan baik, dan bekerja dengan mereka untuk membantu masalah kami."

"Mereka hanya para pria yang membahayakan diri mereka sendiri untuk menyampaikan kebenaran," kata pernyataan tersebut.

Javier Espinosa dan Ricardo Garcia Vilanova telah ditahan oleh ISIS sejak 16 September, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh keluarga mereka pada Selasa. Tidak dijelaskan apa alasan dibalik penahanan ke duanya.

Javier Espinosa telah berkelana ke daerah-daerah pejuang oposisi Suriah lusin kali sejak pemberontakan terhadap Presiden Bashar Al-Assad pecah pada tahun 2011.

Pada perjalanan terakhirnya ke Suriah, ia melaporkan untuk harian Spanyol El Mundo, dimana dia menjabat sebagai kepala biro Timur Tengah, tentang kondisi kehidupan suram bagi anak-anak dan orang sakit.

Sementara fotograper freelance Ricardo Garcia Vilanova, yang telah foto-foto miliknya dipublikasikan secara luas baik oleh lembaga pers maupun organisasi kemanusiaan, pernah diculik sebelumnya oleh ISIS di wilayah Aleppo. (st/maan)


latestnews

View Full Version