View Full Version
Jum'at, 24 Jan 2014

Bentrokan ISIS-Pejuang Oposisi Suriah Telah Tewaskan Hampir 1400 Orang

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Hampir 1.400 orang telah tewas di Suriah sejak bentrokan antara pejuang oposisi sekuler dan kelompok mujahidin Negara Islam Irak dan Suriah Raya (ISIS) yang meletus bulan ini di Suriah, sebuah kelompok pemantau mengatakan hari Kamis (23/1/2014).

"Jumlah orang yang tewas dalam pertempuran antara Negara Islam Irak dan Suriah dan pasukan pejuang oposisi sejak 3 Januari telah meningkat menjadi 1.395 orang," kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Observatorium tersebut mengatakan angka itu termasuk 760 pasukan pejuang oposisi sekluer, 426 pejuang ISIS, 190 warga sipil dan 19 orang lain yang identitasnya belum diketahui.

ISIS, yang mencakup sebagian besar pejuang asing di antara jajarannya, memiliki akar di afiliasi Al-Qaidah Irak, dan pertama kali muncul dalam konflik Suriah di akhir musim semi tahun lalu.

Sejak awal Januari, kelompok-kelompok pejuang oposisi sekuler telah memerangi pejuang ISIS yang ingin mendirikan negara berdasarkan syariah Islam di Suriah dan Irak setelah berbulan-bulan ketegangan.

Perang habis-habisan itu telah menyebabkan ISIS kehilangan wilayah di provinsi Idlib dan Aleppo, tetapi telah mengkonsolidasikan cengkeramannya atas kota Raqqa, satu-satunya ibukota provinsi yang jatuh dari kontrol rezim. (st/aby)


latestnews

View Full Version