View Full Version
Senin, 03 Feb 2014

40 Orang Tewas di Yaman, Pemberontak Syi'ah Houthi Kangkangi Kota Huth

AMRAN, YAMAN (voa-islam.com) - Kelompok pemberontak Syi'ah Houthi dilaporkan sejak Ahad (2/2/2014) pagi kemarin sudah berhasil menguasai Kota Huth, Provinsi Amran Utara, Yaman. Keberhasilan itu didapatkan setelah terjadi perang sengit antara pemberontak Syi'ah Houthi dan kelompok bersenjata dari berbagai kabilah Sunni. Kota Huth sendiri berjarak sekitar 180 km utara San'a.

Pemberonak Syi'ah Houthi menyatakan akan terus merangsek menguasai sejumlah daerah, salah satuny adalah Kota Al-Khamri, yang merupakan salah satu kawasan terpadat dihuni oleh para sesepuh Kabilah Hasyid. Sebelumnya mereka menargetkan penguasaan atar distrik Dzu 'Anasy.

Setidaknya 40 orang dilaporkan dalam perang sengit yang berlangsung sepanjang Minggu kemarin. Sementara sehari sebelumnya, 10 orang dinyatakan tewas dari kedua belah pihak yang bertikai. Bentrokan pemberontak Syi'ah Houthi dan sejumlah kabilah Sunni sendiri semakin membuat kondisi Yaman, yang tengah memerangi mujahidin Al-Qaidah, semakin tidak kondusif. (st/islamianews)


latestnews

View Full Version