View Full Version
Kamis, 29 May 2014

Presiden Nigeria Perintahkan Perang Total Terhadap Boko Haram

NIGERIA (voa-islam.com) - Presiden Nigeria mengatakan pada hari Kamis (29/5/2014) ia telah memerintahkan "operasi skala penuh" terhadap mujahidin Boko Haram dan berusaha meyakinkan orang tua dari 219 anak sekolah yang ditahan oleh kelompok tersebut bahwa anak-anak mereka akan dibebaskan.

Berbicara pada Hari Demokrasi Nigeria, Goodluck Jonathan mengatakan ia telah memberi wewenang pasukan keamanan untuk menggunakan cara apapun yang diperlukan di bawah hukum untuk memastikan bahwa Boko Haram, yang beroperasi di timur laut negara itu dikalahkan .

"Saya bertekad untuk melindungi demokrasi kita, persatuan nasional dan stabilitas politik kami, dengan melancarkan perang total melawan terorisme," kata Jonathan dalam pidato TV.

"Saya yakinkan Anda bahwa ... preman-preman ini akan diusir. Ini tidak akan terjadi dalam semalam, tapi kami tidak akan mengecualikan upaya untuk mencapai tujuan ini," kata Jonathan.

Pada tanggal 14 April pejuang Boko Haram mengepung sebuah sekolah menengah di desa timur laut terpencil Chibok dan membawa 276 perempuan, menurut angka resmi dari audit pekan ini.

Negara bagian Borno Nigeria, yang berada di pusat dari perjuangan bersenjata Boko Haram, mengatakan pada Rabu sebanyak 57 gadis yang diculik telah melarikan diri. Tapi 219 orang lainnya masih hilang dan diasumsikan ditahan oleh Boko Haram.

"Dengan dukungan dari warga Nigeria, negara tetangga kita dan masyarakat internasional, kita akan memperkuat pertahanan kami, membebaskan gadis-gadis kami dan menyingkirkan teroris dari Nigeria," kata Jonathan.

Ungkapan perang total juga digunakan oleh Idriss Deby, presiden negara tetangga Chad, setelah pertemuan negara-negara Afrika Barat di Paris pada pertengahan Mei, yang dirancang untuk menentukan strategi bersama untuk melawan Boko Haram. (st/wb)


latestnews

View Full Version