View Full Version
Senin, 02 Jun 2014

Kalah dari Sisi, Sabahi Protes Hasil Pemilu dan Gugat KPU Mesir

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Protes berlangsung di kota-kota di seluruh Mesir beberapa hari setelah terpilihnya mantan kepala militer Abdel Fattah el – Sisi sebagai presiden dalam pemungutan suara. Pesaing tunggalnya, Hamdeen Sabahi, telah mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Pada hari Jumat (30/5/2014), demonstran turun ke jalan di ibukota Kairo, Bani Suef dan Fayoum, memegang spanduk dengan foto-foto Presiden terguling Muhammad Mursi dan yel-yel penentangan terhadap presiden terpilih.

Hasil awal dari pemilihan tiga hari yang berakhir pada hari Rabu memberikan sekitar 96 persen suara untuk Sisi dan 3 persen untuk politisi sayap kiri Hamdeen Sabahi.

Sabahi mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa ia telah membuat pengaduan hukum untuk komite pemilihan umum karena ia merasa keberatan terhadap “keberadaan kampanye di dalam TPS” yang dilakukan oleh pendukung Sisi, selain banyak pelanggaran lainnya.

Ia juga mengimbau kepada panitia untuk membatalkan semua suara yang diberikan pada hari ketiga pemungutan suara.

Pihak berwenang memperpanjang voting satu hari pada menit terakhir pada hari Selasa. Pengamat mengatakan hal ini menimbulkan pertanyaan tentang integritas proses pemilu meskipun itu bukan langkah ilegal. (st/islamia)


latestnews

View Full Version