View Full Version
Kamis, 21 Aug 2014

Pasukan Khusus AS Pernah Berusaha (Namun Gagal) Selamatkan James Foley dari Islamic State

WASHINGTON (voa-islam.com) - Pasukan AS pernah berusaha, namun gagal, untuk menyelamatkan wartawan James Foley dan sandera Amerika lainnya selama misi rahasia ke Suriah dan terlibat baku tembak dengan mujahaidin Islamic State setelah mendapati bahwa para tawanan tersebut tidak ada di lokasi yang mereka tuju, kata para pejabat, Rabu (21/8/2014).

Misi tersebut, disahkan oleh Presiden Barack Obama berdasarkan data intelijen AS, terjadi awal musim panas ini. Pejabat mengungkapkan misi itu sehari setelah video pemenggalan Foley oleh mujahidin Islamic State muncul.

Para pejabat tidak akan mengatakan kapan tepatnya operasi itu terjadi tetapi mengatakan itu tidak dilakukan dalam beberapa pekan terakhir. Pasukan khusus AS dan personil militer lainnya, didukung oleh helikopter dan pesawat, diterjunkan ke zona target di Suriah dan terlibat dalam baku tembak dengan mujahidin Islamic State.

Insiden itu, tampaknya menjadi yang pertama dari pertempuran darat langsung antara Amerika Serikat dan mujahidin Islamic State.

Lisa Monaco, pembantu kontraterorisme tingkat atas Obama, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Obama memberi mandat misi tersebut karena penilaian tim keamanan nasionalnya bahwa para sandera berada dalam bahaya setiap harinya.

"Pemerintah AS memiliki apa yang kita percaya adalah intelijen yang cukup, dan ketika kesempatan muncul dengan sendirinya, presiden memberi wewenang Departemen Pertahanan untuk bergerak agresif untuk menemukan warga negara kita. Sayangnya, misi itu akhirnya tidak berhasil karena para sandera tidak ada ditempat," kata Monaco.

Dewan Keamanan Nasional (SNC) mengatakan pada Rabu mereka tidak pernah bertujuan untuk mengungkapkan operasi tersebut.

"Sebuah perhatian utama untuk keselamatan para sandera dan untuk keamanan operasional membuatnya menjadi penting bahwa kita menjaga sebanyak mungkin kerahasiaan," kata pernyataan NSC. "Kami hanya menjelaskan hari ini ketika jelas sejumlah media sedang mempersiapkan untuk melaporkan operasi tersebut dan bahwa kita akan memiliki pilihan selain mengakuinya."

Di antara sandera dicari dalam misi itu adalah Steven Sotloff, wartawan Amerika yang diancam akan dipenggal dalam video yang sama yang menunjukkan eksekusi dari Foley. Beberapa tawanan lainnya juga sedang dicari, kata seorang pejabat senior pemerintah. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version