View Full Version
Senin, 25 Aug 2014

Pertemuan Ulama se-Dunia di Istambul Membahas Krisis Dihadapi Umat

ISTAMBUL (voa-islam.com) - Persatuan Organisasi Ulama Islam se-Dunia melangsungkan pertemuan di Istambul, Turki, hari Minggu, membahas berbagai agenda terkait dengan kondisi dan perkembangan umat Islam di seluruh dunia. Ini pertemuan yang keempat, dan yang dihadiri seluruh ulama se-Dunia Islam, Minggu, 24/8/2014.

Pertemuan yang akan dimulai pukul 17:00 waktu setempat (15:00 GMT), yang akan membahas agenda tentang peran ulama dalam kebangkitan Islam dan berkaitan dengan identitas Islam. Berbagai agenda yang sangat luas, terkait dengan peran ulama, menjadi agenda utama.

Selain, itu masalah-malah aktual yang sangat luas akan menjadi topik bahasan dalam pertemuan yang berlangsung di Istambul. Pemerintah Turki di bawah Erdogan telah memiliki peran penting dalam mengkonsolidasikan ulama-ulama se-Dunia, di mana pemerintahan Erdogan memfasilitasi pertemuan-pertemuan yang berkaitan dengan kebangkitan Islam.

Masalah yang sangat mendesak dibahas seperti kiris kemanusiaan akibat serangan Israel ke Gaza, Suriah, Irak, dan sejumlah negara lainnya, termasuk agenda utama dalam pertemuan ulama dunia itu. Peran ulama diharapkan dapat memecahkan masalah yang sekarang timbul. Banyaknya anak muda terlibat dalam jihad di berbagai negara. 

Dalam pertemuan di Istambul itu, ulam terkemuka Mesir, Yusuf al-Qardhawi akan menjadi salah satu pembicara, serta ulama Yaman Abdulwahhab ad-Daylami dan Mufti Chechnya Salah Mejiyev. Selain itu, pertemuan itu akan pula dihadiri para ulama dari Barat, seperti Amerika dan Eropa, dan sejumlah negara dari Afrika. afgh/wb/voa-islam.com


latestnews

View Full Version