View Full Version
Senin, 25 Aug 2014

SOHR: Lebih 500 Orang Tewas dalam Perebutan Pangkalan Udara Tabqa di Suriah

RAQQA, SURIAH (voa-islam.com) - Sebuah kelompok pemantau yang berbasis di Inggris mengatakan pada Senin (25/8/2014) bahwa lebih dari 500 orang telah tewas dalam pertempuran memperebutkan pangkalan udara Tabqa di timur laut Suriah yang berlangsung selama beberapa hari.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan lebih dari 170 tentara Suriah tewas di tangan mujahidin Islamic State dalam pertempuran di pangkalan udara yang berlangsung sejak Selasa.

Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris dan memiliki sumber-sumber informasi di lapangan Suriah itu mengatakan bahwa mujahidin Islamic State berhasil menjebak sekitar 150 tentara Suriah yang mundur ke sebuah wilayah dekat pangkalan menambahkan bahwa para tentara itu ditahan sebagai sandera.

SHOR juga mengklaim bahwa  hampir 350 mujahidin Islamic State gugur dalam pertempuran yang digambarkan sebagai konfrontasi paling mematikan antara mujahidin dan pasukan pemerintah sejak dimulainya kekerasan di Suriah.

Observatorium mengatakan bahwa banyaknya mujahidin yang gugur dalam perebutan pangkalan itu disebabkan oleh serangan jet tempur Suriah yang membombardir wilayah tersebut. Sebelumnya pada hari Ahad angkatan udara Suriah membom daerah di sekitar pangkalan udara Tabqaa.

Pangkalan itu terletak sekitar 45 kilometer dari kota Raqqa dilaporkan menyimpan sejumlah pesawat tempur, helikopter, tank dan artileri.

Pangkalan itu merupakan pijakan terakhir tentara Suriah di daerah jika tidak dikuasai oleh Mujahidin Islamic State, yang telah menyita sebagian besar kawasan Suriah dan Irak.  

Sementara itu di kota terdekat Raqqa, kubu Islamic State, ada tembakan perayaan dan beberapa masjid mengumumkan melalui pengeras suara mereka bahwa pangkalan itu telah jatuh ke tangan mujahidin IS dan meneriakkan "Allahu Akbar", seorang saksi kepada Reuters.

Mujahidin Islamic State juga menampilkan kepala tentara Suriah yang terpenggal di alun-alun kota, saksi mengatakan, menambahkan bahwa pesawat tempur Suriah terdengar di atas Raqqa setelah serangan ke pangkalan udara tersebut. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version