View Full Version
Rabu, 27 Aug 2014

Pejabat NSC Konfirmasi Kesyahidan Muallaf AS yang Berjihad di Suriah Bersama Islamic State

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang muallaf warga negara AS yang berjihad di Suriah bersama mujahidin Islamic State (IS) telah gugur syahid (Insyallah) di Suriah, seorang pejabat AS mengatakan.

Kesyahidan Douglas McArtur McCain telah dikonfirmasi oleh juru bicara Dewan Keamanan Nasional (NSC) Caitlin Hayden.

"Kami menyadari kehadiran seorang warga AS Douglas McArtur McCain di Suriah dan dapat mengkonfirmasi kematiannya," kata Hayden dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir laman Reuters. "Kami terus menggunakan berbagai cara yang kami miliki untuk mengganggu dan menghalangi orang-orang dari bepergian ke luar negari untuk berjihad dan untuk melacak dan memerangi orang-orang yang kembali."

Douglas McArthur McCain, yang menjadi muallaf beberapa tahun lalu setelah sebelumnya beragama Kristen, pergi ke Suriah melalui Turki untuk berjihad, kata pamannya, Ken McCain kepada CNN.

Penggemar basket yang dibesarkan di Minnesota itu gugur Syahid akhir pekan lalu saat bertempur bersama Islamic State di dekat Aleppo Suriah. Seorang pejuang mengatakan, sebuah pasport AS atas namanya dilaporkan ditemukan di salah satu kantongnya.

McCain, yang menggunakan nama Twitter "Duale Khalid" telah sering menyanjung IS dan membela jihad sebagaimana postingannya di Twitter bulan Mei lalu.


Pria 33-tahun itu, yang pernah menjadi rapper calon kemudian menulis:



Menurut media sosial, McCain dilaporkan menghabiskan waktu sebagai pekerja di sebuah restoran San Diego dan kerap hadir di masjid di sana.

Keluarga McCain tahu dia pergi ke Turki sekitar bulan April. Tapi kerabatnya mengatakan mereka tidak menyadari minatnya terhadap ISIS. Pada retweet terakhir, pada bulan Juni, dia menulis.

Bunyinya: "Dibutuhkan seorang prajurit untuk memahami seorang prajurit. Berdoalah untuk ISIS.."

Kesyahidannya terjadi setelah seorang pria AS berusia 22 tahun dari Florida melakukan aksi bom jibaku di provinsi Idlib Suriah pada bulan Mei.

Sumber-sumber mengatakan McCain berada dalam daftar teroris (baca;mujahid) yang diawasi AS dan diketahui oleh FBI. Dia adalah salah satu dari puluhan warga AS yang diyakini telah dikaitkan dengan teroris di Suriah. Pejuang oposisi Suriah mengatakan warga Amerika lain mungkin juga gugur dalam pertempuran akhir pekan lalu, namun belum ada konfirmasi dari pejabat AS.(an/dbs)


latestnews

View Full Version