View Full Version
Ahad, 14 Sep 2014

Australia Kirim 600 Pasukan untuk Perangi Mujahidin Islamic State

SYDNEY, AUSTRALIA (voa-islam.com) - Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan hari Ahad (14/9/2014) bahwa Australia akan mengerahkan 600 tentara ke Uni Emirat Arab untuk bergabung dengan koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat untuk memerangi mujahidin Islamic State.

Abbott mengatakan penyebaran sekitar "400 personel udara dan sekitar 200 personil militer" menyusul permintaan resmi dari Washington ke Australia untuk berkontribusi pada koalisi internasional melawan kelompok Islam.

Dia mengklaim Australia "tidak mengerahkan pasukan tempur tapi berkontribusi terhadap upaya-upaya internasional untuk mencegah krisis kemanusiaan semakin dalam."

Penyebaran Australia ke UEA - pos persiapan untuk operasi militer koalisi ke wilayah itu - akan mencakup delapan pesawat termpur F/A18 RAAF, E-7A Wedgetail Airborne Early Warning dan pesawat kontrol, dan KC-30A Multi-Role Tanker dan pesawat transport.

Pasukan pertahanan juga mempersiapkan pasukan tentara khusus untuk bertugas sebagai penasihat sebagai militer untuk membantu pasukan keamanan Irak dan pasukan lainnya untuk menangani Islamic State, perdana menteri menambahkan dalam sebuah pernyataan.

AS telah bekerja untuk membentuk koalisi melawan mujahidin Islamic State di Irak dan Suriah, dengan Menteri Luar Negeri John Kerry di Timur Tengah untuk meminta dukungan Arab.

Hampir 40 negara, termasuk 10 negara Arab, mendukung rencana AS untuk mengatasi kelompok mujahidin yang telah menguasai sepertiga wilayah Irak dan Suriah tersebut. (st/tds)


latestnews

View Full Version