View Full Version
Jum'at, 26 Sep 2014

Kenya Tutup Sekolah Islam yang Dituduh Ajarkan Paham Jihad

NAIROBI, KENYA (voa-islam.com) - Pihak berwenang Kenya mengatakan hari Rabu (24/9/2014) mereka akan menutup madrasah atau sekolah-sekolah Islam yang mereka tuduh mengajarkan faham jihad dalam sebuah upaya untuk memerangi para pejuang Islam.

Setidaknya satu madrasah di Machakos, 60 kilometer tenggara ibukota Nairobi, telah ditutup setelah 30 pemuda ditahan karena dicurigai direkrut untuk bergabung dengan pejuang Islam Al-Shabaab di Somalia yang terkait Al-Qaidah.

"Kami menargetkan sekolah-sekolah agama yang mengajarkan jihad, dan orang-orang yang telah merekrut pemuda untuk radikalisasi," Ndegwa Muhoro, direktur Departemen Investigasi Kriminal mengatakan kepada AFP.

"Kami sudah memerintahkan sebuah madrasah di Machakos harus ditutup, dan kami sedang memantau yang lain di seluruh negeri," katanya.

Para pejabat keamanan mengatakan beberapa madrasah di Nairobi, Mombasa dan kota-kota besar lainnya digunakan sebagai tempat berkembang biak bagi kaum muda yang kemudian akan direkrut untuk bergabung dengan pejuang Islam.

"Kami tidak menargetkan komunitas Muslim karena hal ini telah menjadi operasi yang sedang berlangsung," klaim juru bicara kementerian dalam negeri Kenya Mwenda Njoka.

"Kami melacak sekolah-sekolah agama itu dan kami memiliki informasi bahwa mereka mengajarkan doktrin-doktrin radikal untuk pemuda. Kami tidak menutup masjid, "tambahnya.

Pasukan keamanan di Kenya telah siaga tinggi ketika negara memperingati ulang tahun serangan yang dilakukan oleh mujahidin Al-Shabaab di pusat perbelanjaan Westgate Mall tahun lalu di Nairobi yang menewaskan sedikitnya 67 orang.

Kenya ,yang saat ini tengah memerangi Al-Shabaab di Somalia, juga telah dilanda serangkaian serangan terhadap pasukan keamanan mereka dalam beberapa bulan terakhir di dalam negeri yang dituduhkan pada mujahidin. (an.harar)

Pihak berwenang Kenya mengatakan hari Rabu (24/9/2014) mereka akan menutup madrasah atau sekolah-sekolah Islam yang mereka tuduh mengajarkan faham jihad dalam sebuah upaya untuk memerangi para pejuang Islam.


latestnews

View Full Version