View Full Version
Ahad, 28 Sep 2014

Serangan Udara Koalisi AS Hancurkan 3 Penyulingan Minyak IS di Tal Abyad Suriah

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Koalisi pimpinan AS menghancurkan tiga penyulingan minyak milik Islamic State (IS) di wilayah Suriah Ahad (28/9/2014) pagi, kata sebuah kelompok aktivis.

Serangan koalisi tersebut, yang ditujukkan untuk mencegah pendanaan IS, menghantam penyulingan dekat dengan perbatasan Turki, dekat kota Tal Abyad di seberang pagar perbatasan dari kota Turki Akcakale, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan.

Serangan itu datang setelah setidaknya selusin serangan pada Kamis malam pada infrastruktur kilang yang jihadis telah kembangkan di petak wilayah yang mereka wilayah di bagian timur Suriah, yang mencakup banyak ladang minyak utama negara itu.

"Setidaknya tiga penyulingan minyak milik IS di wilayah Tal Abyad hancur dalam semalam," kata Observatorium.

"IS telah menyuling minyak mentah dan menjualnya kepada pembeli Turki," kata pengawas yang berbasis di Inggris, yang memiliki jaringan yang luas dari sumber di Suriah.

Sebelum peluncuran serangan udara pimpinan AS pada IS di Suriah Selasa lalu para analis mengatakan mujahidin mendapatkan sebanyak $ 3.000.000 per hari dari pendapatan minyak.

Hasil dari ladang minyak yang dikendalikan IS meningkat menjadi 80.000 barel per hari, jauh melebihi yang dipompa oleh kementerian perminyakan Suriah yang hanya 17.000 barel per hari.

Serangan sekitar Tal Abyad datang setelah serangan IS hari Sabtu di kota utama Kurdi Ain al-Arab, juga sangat dekat dengan perbatasan Turki.

Kota yang dikenal sebagai Kobani di Kurdi, telah diserang oleh IS selama lebih dari satu pekan, memicu eksodus setidaknya 160.000 pengungsi ke Turki. (st/tds)


latestnews

View Full Version