View Full Version
Sabtu, 11 Oct 2014

Walikota London: Inggris Pantau Ribuan Tersangka Terorisme

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Layanan keamanan Inggris sedang memantau ribuan tertuduh terorisme di London dan terlibat dalam operasi sehari-hari, walikota London, Boris Johnson mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Sabtu (11/10/2014).

"Di London kami sangat, sangat waspada dan sangat, sangat prihatin," kata Johnson kepada surat kabar Daily Telegraph.

Pada bulan Agustus, Inggris menaikkan tingkat ancaman internasional ke klasifikasi tertinggi kedua yaitu "parah," yang berarti serangan dianggap sangat mungkin, dengan Perdana Menteri David Cameron memperingatkan bahwa mujahidin Islamic State (IS) yang bertempur di Suriah dan Irak menimbulkan risiko keamanan terbesar yang pernah ada di negara itu.

Sekitar 500 warga Inggris diyakini telah bergabung dalam pertempuran di wilayah tersebut dan pihak berwenang telah lama berpendapat bahwa para veteran teradikalisasi, tangguh dalam pertempuran akan menimbulkan ancaman besar saat mereka kembali.

Namun, Johnson menyatakan bahaya yang lebih luas.

"Setiap hari - seperti yang Anda lihat baru-baru ini, kami harus menaikkan tingkat ancaman - setiap hari dinas keamanan terlibat dalam ribuan operasi," kata Johnson kepada koran tersebut.

"Mungkin ada ribuan orang yang kita sedang pantau di London."

Komentar Johnson datang sehari setelah pejabat kontraterorisme paling senior Inggris Mark Rowley memperingatkan polisi di seluruh negeri untuk waspada terhadap risiko-risiko keselamatan mereka.

"Tindakan sedang disiapkan untuk meningkatkan kewaspadaan para petugas dan staf," kata Rowley. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version