View Full Version
Ahad, 12 Oct 2014

Turki Mengirimkan 634 Truk Bantuan untuk Warga Muslim Kobane

Ankara (voa-islam.com) - Pemerintah Turki telah mengirimkan 634 kendaraan bantuan kemanusiaan ke kota Suriah, Kobane sejak tanggal 19 September 2014, kata kantor perdanan Menteri Turki, Jumat (10/10/2014).

"Jumlah total bantuan, termasuk makanan, obat-obatan, tenda, pakaian, dan perlengkapan pembersih dikirim ke wilayah Kobani  sekitar 10 juta dollar," kata kantor itu dalam sebuah pernyataan.

Kobane, juga dikenal sebagai Ayn al-Arab, telah menjadi tempat pertempuran sengit antara kelompok ISIS dan Kurdi sejak pertengahan September. Kobane memiliki sekitar 44 ribu penduduk yang mayoritas muslim sunni.

Kobane telah diserang ISIS (IS) mulai awal September 2014 namun sampai saat ini tidak jelas kenapa Kobane diserang. Ribuan warga muslim telah mengungsi ke Turki untuk menghindari menjadi korban serangan. Milisi Kurdi tetap di dalam kota untuk menghadang ISIS (IS), keduanya antara milisi Kurdi dan ISIS (IS) memang telah terlibat perselisihan sejak revolusi Suriah.

Badan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) telah bekerja sama dengan pemerintah pemerintan-pemerintahan kota di Turki, organisasi non-pemerintah, dan badan-badan bantuan asing telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Suriah sejak 2012.

Jumlah total bantuan yang dikirim ke Suriah mencapai 300 juta dollar, pernyataan tersebut menambahkan. (aj/dbs)


latestnews

View Full Version