View Full Version
Senin, 27 Oct 2014

Pasukan Yaman dan Drone AS Bantu Gerak Maju Pemberontak Syi'ah Houthi di Al-Bayda

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan Yaman dan pesawat tak berawak AS menyerang posisi yang dikuasai oleh mujahidin Al-Qaidah dan suku-suku Sunni sekutunya pada hari Ahad (26/10/2014) di provinsi Al-Bayda, membantu pemberontak Syi'ah Houthi untuk merangsek ke wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh Al-Qaidah dan suku SUnni setempat.

Para pemberontak Syi'ah, yang dikenal sebagai Houthi, telah menghadapi perlawanan sengit dari pejuang Al-Qaidah dan suku Sunni ketika mereka berusaha untuk memperluas daerah yang mereka kontrol setelah merebut ibukota Sana'a dan kota pelabuhan Laut Merah Hudayda.

Bentrokan pecah pada hari Jumat malam ketika pemberontak Syi'ah Houthi berusaha merebut kendali dari pegunungan di sekitar kota pusat Rada, di provinsi Baida, menghadapi perlawanan dari mujahidin Sunni, kata sumber-sumber suku.

Pada hari Ahad, para pemberontak Syi'ah Houthi mengambil alih beberapa daerah berkat bantuan dari pesawat tak berawak AS dan jet militer yang menyerbu posisi yang dikuasai oleh Al-Qaidah dan suku Sunni, kata sumber-sumber suku.

Pemberontak Syi'ah Houthi menguasai Sana'a pada 21 September setelah mendalangi protes berpekan-pekan yang melumpuhkan pemerintah.

Mereka kemudian mendorong maju ke selatan awal bulan ini, mendapatkan sedikit atau sama sekali tidak ada perlawanan dari pasukan keamanan Yaman.

Tapi ketika gerak maju mereka telah keluar dari dataran tinggi di utara yang mayoritas Syi'ah ke daerah yang didominasi Sunni, mereka telah menemui perlawanan yang semakin sengit dari suku Sunni lokal serta Al-Qaidah.

Pertempuran antara pemberontak Syiah dan suku Sunni yang bersekutu dengan Al Qaeda telah meninggalkan puluhan tewas di pusat kota Yaman. (st/dawn)


latestnews

View Full Version