View Full Version
Kamis, 30 Oct 2014

50 Hingga 150 Pejuang FSA Menyebrang Ke Kobani Bantu Milisi Kurdi Hadapi IS

MURSITPINAR, TURKI (voa-islam.com) - Sekelompok pejuang oposisi dari Tentara Pembebasan Suriah (FSA) menyeberang ke Suriah dari Turki pada Rabu (29/10/2014) untuk bergabung milisi Kurdi yang membela kota perbatasan Kobani ahidin Islamic State, kata seorang pejabat lokal Turki sebagaimana dilansir Hurriyet Daily.

Pejabat tersebut, yang minta tidak disebutkan namanya, mengatakan 150 pejuang FSA menyeberang semalam dalam beberapa bus.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris, mengkonfirmasi informasi ini tetapi hanya menempatkan angka pada 50 pejuang.

Kantor berita pro-Kurdi Fırat mengatakan para pejuang FSA telah menyeberang dengan delapan kendaraan di perbatasan penyeberangan Mürşitpınar.

Tidak ada konfirmasi dari pejabat di Ankara tentang penyebrangan tersebut dan tidak jelas dari mana para pejuang FSA berasal.

Turki, yang telah menyerukan pemecatan Presiden Bashar Al-Assad sebagai solusi tunggal yang layak untuk konflik Suriah, adalah pendukung kuat dari FSA.

Sementara itu, pejuang Kurdi Peshmerga Irak tiba di Turki semalam dan menunggu mereka pada Rabu untuk bergabung dalam pertempuran mempertahankan Kobani.

Satu kontingen yang tiba di kota Turki selatan Şanlıurfa melalui udara semalam berada di sebuah lokasi yang dirahasiakan di kota perbatasan Suruç, pejabat setempat kepada mengatakan kepada AFP.

Kelompok lain yang membawa persenjataan berat menyeberang ke Turki dari Irak melalui darat di pagi hari melalui perbatasan penyeberangan Habur, seorang koresponden AFP di perbatasan melaporkan. (st/hd)


latestnews

View Full Version