View Full Version
Jum'at, 31 Oct 2014

Pastur Pedofil Pelaku Pelecehan Seksual Remaja Putri 13 Tahun Gantung Diri di Gereja

TRIESTE, ITALIA (voa-islam.com) - Entah karena malu atau takut bertanggung jawab seorang pastur yang baru-baru ini mengaku melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis remaja telah bunuh diri di sebuah gereja di Italia.

Maks Suad, 48, ditemukan telah gantung diri di vestry gereja di kota pelabuhan Trieste dua hari lalu hanya beberapa menit sebelum dicopot dari tugas-tugas imamatnya.

"Dia minta dua hari untuk menyusun surat pengunduran dirinya dan menulis catatan memohon pengampunan dari Tuhan, Gereja dan gadis muda untuk kejahatan yang dia lakukan," Uskup Agung Trieste Giampaolo Crepaldi, Rabu.

Uskup itu mengatakan ia menemukan Suad tergantung ketika ia tiba Selasa sore untuk secara resmi menghentikan dia sementara dari kantor pastoral dan memberitahukan penyelidikan akan diluncurkan untuk tindakannya.

Suad bertanggung jawab atas  komunitas Slovenia di gereja tersebut dan telah di wilayah tersebut sejak 1995. Pastor pedofil itu berada di bawah penyelidikan polisi selama bertahun-tahun karena melakukan "aksi serius" pada seorang gadis 13 tahun dan kasus pidana Katolik akan diluncurkan terhadap dia.

Selama beberapa tahun terakhir, Gereja Katolik Roma telah menghadapi berbagai skandal pelecehan anak oleh para pastur, terutama di Amerika Serikat dan Eropa.

Lebih dari 4.000 pastur di AS telah dilaporkan menghadapi tuduhan pelecehan seksual sejak tahun 1950 dalam kasus yang melibatkan lebih dari 10.000 anak-anak.

Paus Francis telah memperingatkan bahwa akan ada "tidak ada hak istimewa" bagi para uskup ketika menjadi pelaku kejahatan seks. Paus juga menjanjikan aksi yang lebih dalam menanggapi tuduhan menutup-nutupi dan kelonggaran yang berlebihan oleh Vatikan. (st/ptv)


latestnews

View Full Version