View Full Version
Senin, 17 Nov 2014

Militer Nigeria Klaim Rebut Kembali Kota Chibok dari Kelompok Boko Haram

BORNO, NIGERIA (voa-islam.com) - Militer Nigeria mengklaim telah merebut kembali Chibok, sebuah kota di Borno, di mana hampir 300 siswi diculik pada tanggal 14 April, dari kelompok Boko Haram.

Kelompok itu telah menguasai kota bermasalah tersebut pada Kamis malam.

Namun juru bicara Divisi Tentara di Maiduguri, ibukota negara bagian Borno, mengklaim Angkatan Darat telah merebut kembali kota dan mendorong Boko Haram pergi.

Sani Usman, seorang Kolonel Dan Wakil Direktur Humas Angkatan Darat, mengatakan, "Pasukan Divisi 7 Nigeria Army telah merebut kembali kota Chibok di Borno dari teroris Boko Haram sejak kemarin."

"Militer masih melakukan operasi penyapuan di lingkungan sekitarnya. Kota Chibok sekarang sepenuhnya diamankan ".

Penduduk desa di sekitar kota Chibok mengatakan mereka melihat penyebaran besar tentara bergerak dari arah Damboa menuju Chibok pada hari Sabtu pagi.

"Kami melihat sejumlah besar truk yang penuh dengan personil berseragam bergerak menuju Chibok; awalnya, kami takut tapi kemudian menyadari mereka adalah tentara karena mereka tidak mengganggu kita seperti orang-orang bersenjata Boko Haram biasanya lakukan ", kata seorang warga yang berbicara di telepon.

Kelompok Boko Haram, telah menyita beberapa kota akhir-akhir ini di Borno dan Adamawa, mengusir tentara pemerintah dan agen keamanan lainnya dan menyita senjata mereka.

Chibok menjadi pusat perhatian internasional pada bulan April setelah pejuang Boko Haram menyerbu kota itu dan mengambil hampir 300 siswi perempuan dari sekolah menengah negeri.

Sebagian besar siswi perempuan itu tetap di penahanan lebih dari enam bulan setelah mereka diculik. Sekitar 57 lainnya melarikan diri atau dibebaskan. (st/ptn)


latestnews

View Full Version