View Full Version
Senin, 24 Nov 2014

Pasukan Kurdi Irak Susun Rencana Rebut Sinjar dari Islamic State

IRBIL, KURDISTAN IRAK (voa-islam.com) - Pasukan Kurdi di Irak utara sedang menyusun rencana serangan untuk memecahkan pengepungan Islamic State (IS) di Gunung Sinjar, di mana ratusan minoritas Yazidi tetap terdampar berbulan-bulan setelah melarikan diri dari rumah mereka.

Anggota senior partai Kurdi mengatakan bahwa upaya untuk merebut kembali wilayah itu dan mengembalikan kebanggaan dalam pasukan Kurdi membuat presiden wilayah semi-otonom Kurdi Irak, Mas'ud Barzani, mengawasi langsung upaya tersebut.

Islamic State menyerang daerah Sinjar pada bulan Agustus, mengirimkan ribuan penganut sekte Yazidi melarikan diri mendaki gunung, sebuah jalur terjal sepanjang sekitar 65 km.

Halgurd Hikmat, juru bicara Kementerian Peshmerga Kurdi mengklaim pasukan Peshmerga Kurdi telah merebut kembali antara 65 hingga 75 persen wilayah yang hilang diambil Islamic State Islam di daerah itu sejak AS memulai kampanye serangan udara pada bulan Agustus.

Tapi geografi Sinjar yang janggal - keluar pada sayap ke barat, telah membuatnya sulit untuk ditembus.

"Prioritas kami saat ini adalah Sinjar," kata Hikmat. "Sebuah rencana akan berada di tempat dalam beberapa hari mendatang."

Strateginya adalah untuk memotong rute pasokan Islamic State antara Mosul dan Suriah yang membentang di sepanjang kaki selatan gunung, kata Hikmat. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Mengontrol Sinjar akan menempatkan Peshmerga di tiga sisi dari Mosul, kota terbesar di bawah kontrol Islamic State di Irak utara, dan memungkinkan mereka untuk mendapatkan posisi untuk serangan di masa mendatang untuk merebut kembali daerah-daerah kota dan di dekatnya yang telah menjadi sasaran udara Irak dan AS.

"Setelah itu, kita harus berkoordinasi dengan Baghdad dan koalisi (dari negara-negara Barat dan Arab Teluk) untuk mengeluarkan Islamic State dari Mosul," kata Hikmat.

Mosul telah menjadi fokus dari upaya militer pemerintah karena baik ukuran dan status simboliknya setelah pemimpin Islamic State Abu Bakr al-Baghdadi menyampaikan pidato publik di Masjidil utama disana pada bulan Juli.

Perkiraan jumlah orang masih terdampar di gunung Sinjar - bagian dari tanah sengketa yang diklaim baik oleh Kurdi maupun Baghdad - bervariasi dari 10.000 hingga kurang dari 1.000.

Bulan lalu, Peshmerga merebut kembali kota Rabia, mengambil kendali dari titik persimpangan ke Suriah dan bergerak lebih dekat ke Sinjar.

Kemajuan lebih lanjut mungkin tidak datang dengan mudah. Seorang perwira intelijen di daerah Rabia mengklaim akan memakan waktu antara dua sampai tiga pekan untuk mengusir Islamic State dari desa-desa utara gunung Sinjar, karena banyak warga Arab baik mendukung Islamic State, atau menentang pelanggaran batas Kurdi. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version