View Full Version
Selasa, 16 Dec 2014

Akhir Drama Penyanderaan, 3 Tewas 4 Terluka dalam Penyerbuan Polisi Australia di Cafe Sydney

SYDNEY, AUSTRALIA (voa-islam.com) - Tiga orang tewas saat polisi Australia bersenjata lengkap pada Selasa (16/12/2014) pagi secara dramatis menyerbu sebuah cafe di pusat Sydney untuk mengakhiri pengepungan hampir seharian penuh yang dipicu ketika seorang pria kelahiran Iran, sebelumnya Channel News Asia memberitakan 2 orang, mengambil beberapa orang sandera.

Polisi mengatakan pria bersenjata dan dua sandera tewas dan empat orang lainnya terluka dalam penyerbuan tersebut.

Tidak jelas apakah para sandera tersebut tewas akibat tembakan polisi atau penyandera.

Laki-laki penyandera berusia 50 tahun,  ditembak dan dinyatakan tewas setelah dibawa ke rumah sakit, polisi New South Wales mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Seorang pria, berusia 34 tahun, dan seorang wanita, 38 tahun, juga dinyatakan tewas setelah dibawa ke rumah sakit.

Pasukan keamanan dalam perlengkapan ala SWAT campur tangan, melepaskan sebuah kebingungan di restoran di jantung kota terbesar di Australia, setelah sejumlah staf dan pelanggan berhasil melarikan diri dari cafe itu.

Sky News juga melaporkan empat orang terluka, termasuk seorang polisi yang terhantam peluru di wajahnya.

Rumah Sakit Royal North Shore mengaku seorang wanita di usia 40-an dengan luka tembak di kakinya, seorang juru bicara mengatakan kepada AFP. Dia dalam kondisi serius tapi stabil.

Sebuah robot bom, yang digunakan untuk mendeteksi dan melucuti bahan peledak, kemudian dikirim ke dalam gedung ketika polisi menyatakan pengepungan berakhir dan petugas medis cenderung sandera.

"Pengepungan Sydney berakhir. Lebih detail menyusul," polisi mengumumkan di Twitter.

Penyandera, yang sebelumnya telah membentangkan bendera bertuliskan kalimat Arab, disebut oleh televisi ABC dan media lain sebagai "ulama" kelahiran Iran yang disebut Man Haron Monis.

Mereka menerbitkan fotonya dan mengatakan ia dalam masa jaminan untuk serangkaian pelanggaran kekerasan.

Pengepungan cokelat Lindt cafe mulai Senin pagi dan memicu penutupan keamanan besar-besaran di distrik keuangan Sydney ketika ratusan polisi mengepung situs tersebut.

Mantan pengacara Monis, Manny Conditsis mengatakan masyarakat bisa yakin bahwa pengepungan itu bukan pekerjaan kelompok teroris terorganisir.

"Ini adalah satu individu acak," katanya kepada penyiar ABC. "Ini bukan acara atau aksi terorisme. Ini adalah seorang individu yang terganggu yang melakukan sesuatu yang keterlaluan."

Surat kabar Australia menyebut Monis "syeikh selfstyled" yang telah mengirimkan surat menyinggung keluarga tentara Australia yang tewas di Afghanistan dan dengan jaminan atas tuduhan menjadi kaki tangan untuk pembunuhan mantan istrinya.

Dikatakan ia tiba di Australia sebagai pengungsi pada tahun 1996, tinggal di barat daya Sydney.

Polisi tidak menyangkal laporan itu. Mereka mengatakan mereka tahu siapa penyandera itu tapi tidak akan mengidentifikasi dirinya dengan operasi yang dilanjutkan.

Pemerintah mengatakan sebelumnya tidak ada motivasi yang jelas atas aksi penyanderaan tersebut.

Pria itu, dilaporkan dipersenjatai dengan senapan, membuat serangkaian tuntutan melalui media Australia tapi mereka menghapus tuntutan setelah polisi meminta mereka tidak akan mempublikasikan permintaannya. (st/tds)


latestnews

View Full Version