View Full Version
Sabtu, 24 Jan 2015

Gerakan Anti-Islam PEGIDA Berencana Lakukan Unjuk Rasa Besar di Dresden

DRESDEN, JERMAN (voa-islam.com) - Gerakan anti-Islam PEGIDA Jerman mengatakan akan menggelar unjuk rasa besar di Dresden, hari Ahad (25/1/2015).

Kelompok kanan populis tersebut biasanya melakukan demonstrasi setiap hari Senin, namun penyelenggara mengatakan niat mereka dengan mengubah tanggal itu untuk mencegah bentrokan dengan lawan dan demonstran sayap kiri, yang juga menyerukan unjuk rasa pada hari Senin.

"Kami akan membuat pengecualian dan akan bertemu pada hari Ahad kali ini untuk pawai ke 13 kami," kata kelompok itu di halaman Facebook resmi mereka hari Jum'at.

Patriatik Eropa Melawan Islamisasi kelompok Barat mulai melakukan protes mingguan di Dresden dengan sekitar 500 demonstran pada 20 Oktober 2014, tetapi secara signifikan meningkatkan basis dukungannya dalam waktu tiga bulan.

Penyelenggara PEGIDA mengatakan mereka mengharapkan sekitar 25.000 pengunjuk rasa untuk bergabung dalam pawai hari Ahad di Dresden, yang dipandang sebagai ujian bagi gerakan kanan populis di tengah skeptisisme yang tumbuh di antara masyarakat Jerman tentang tindakan kelompok tersebut.

Sebuah pawai yang diselenggarakan pada 21 Januari oleh adik kelompok PEGIDA di Leipzig menarik kurang dari 1.000 demonstran, sangat jauh  dari perkiraan PEGIDA, yang menyatakan bahwa lebih dari 30.000 orang akan menghadiri acara tersebut.

Skandal baru-baru ini sekitar pemimpin PEGIDA, perbedaan pendapat dengan kelompok-kelompok terkait di kota-kota lain, serta serangan kekerasan terhadap wartawan selama pawai di Leipzig, telah menimbulkan kecurigaan tentang grup tersebut.

Lutz Bachmann, pemimpin PEGIDA, mengumumkan pengunduran dirinya pada Rabu di tengah perselisihan mengenai foto yang diposting di Facebook di mana ia berpakaian seperti Adolf Hitler.

Bachmann mengklaim foto itu lelucon, tapi jaksa penuntut umum Dresden membuka penyelidikan kejahatan rasial dalam postingan Facebook mantan pemimpin PEGIDA tersebut.

Polisi Jerman telah melarang aksi unjuk rasa yang akan digelar oleh gerakan anti Islam PEGIDA pada hari Senin lalu ini, di Kota Dresden.

Larangan aksi unjuk rasa tersebut, karena adanya ancaman serangan terhadap demonstran yang akan menggelar aksi unjuk rasa. (st/aa)


latestnews

View Full Version