View Full Version
Sabtu, 31 Jan 2015

Kelompok Anti Islam Jerman PEGIDA Bubar

DRESDEN, JERMAN (voa-islam.com) - Kelompok anti-Muslim dan anti-imigran Jerman PEGIDA tampaknya bubar setelah lima pemimpinnya mengatakan mereka mendirikan gerakan saingan di tengah perselisihan intens.

Lima pemimpin gerakan yang disebut Patriotik Eropa Melawan Islamisasi Barat, atau PEGIDA, mengundurkan diri secara massal pada Selasa (27/1/2015) malam, mengklaim bahwa mereka ingin mengkampanyekan demokrasi dan imigrasi agar terkendali, dan bahwa mereka akan menggelar pawai di kota Dresden bagian timur Jerman pada 9 Februari.

"Kami berlima ingin menjangkau ke tengah masyarakat ... Ada tingkat ketidakpuasan tertentu dalam populasi; ini disampaikan kepada kami, pada rapat kami dan, setelah kami mengundurkan diri, banyak orang mengatakan kita harus terus," kata mantan anggota Komite PEGIDA Rene Jahn pada konferensi pers pada hari Kamis.

Di antara mereka yang mengundurkan diri adalah Kathrin Oertel, yang muncul sebagai pemimpin kedua PEGIDA setelah pendiri dan pemimpin awal, Lutz Bachmann, mengundurkan diri pekan lalu setelah kemarahan publik atas halaman depan foto dirinya yang menyamar sebagai Adolf Hitler, diterbitkan di harian Jerman Bild.

Gambar itu, yang diambil dua tahun lalu, menunjukkan Bachmann melihat penuh dendam ke kamera sambil mengenakan kumis sikat gigi dan setelah menyisir sebagian besar rambutnya ke satu sisi dalam gaya yang sama dengan penguasa lalim Jerman tersebut.

Jumlah pendukung kelompok itu mulai mereda menyusul pengungkapan tentang Bachmann, dengan jumlah orang yang menghadiri protes mingguan menurun dari 25.000 menjadi 17.500 orang.

Protes terbaru PEGIDA telah kewalahan oleh kontra-demonstrasi anti PEGIDA di seluruh Jerman dan konser rock pada hari Senin.

Lebih dari 22.000 orang Jerman mengambil bagian dalam protes anti-PEGIDA dan konser yang diadakan oleh grup rock Jerman di Dresden, di mana kelompok sayap kanan telah melakukan unjuk rasa mingguan sejak Oktober.

Lebih dari 15.000 demonstran anti-PEGIDA juga berkumpul di Frankfurt untuk sangat jauh melebihi demonstran PEGIDA yang hanya berjumlah 70 orang di sana.

Lebih dari 2.300 demonstran juga muncul di sebuah pawai anti-PEGIDA di Munich melawan 800 orang demonstran PEGIDA di kota tersebut. (st/ptv)


latestnews

View Full Version