View Full Version
Ahad, 08 Feb 2015

Jet Tempur Turki Usir Pesawat Tempur Suriah yang Coba Langgar Perbatasan

SURUC, TURKI (voa-islam.com) - Jet tempur F-16 Turki memaksa pesawat tempur Suriah (Sukhoi Su-24) untuk mengubah arah setelah mendekati wilayah udara Turki dalam jarak 2,5 mil laut, Kepala Staf militer Turki mengatakan pada hari Sabtu (7/2/2015).

Kepala Staf mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi bahwa dua pesawat tempur F-16 Turki, yang berada di perbatasan patroli di langit-Gaziantep Hatay, memaksa pesawat tempur Sukhoi Su-24 Suriah untuk mengubah arah setelah mendekati perbatasan Turki-Suriah, selatan dari kota Karbeyaz di distrik Altınözü dari provinsi Hatay, dengan jarak 2,5 mil laut.

"Pesawat tempur Suriah berusaha mengusik jet tempur Turki saat serangan mendadak patroli perbatasan, dengan mengunci rudal radar selama sekitar 30 detik.

Berbicara kepada ARA Berita di telepon, pengacara dan aktivis politik Suriah Farid Hisso mengatakan bahwa sifat provokatif rezim Suriah dan ketergantungannya dalam menciptakan masalah setiap saat sekarang dan kemudian adalah bukti jelas kebingungan mereka.

"Ini bukan pertama kalinya saling mengganggu terjadi di perbatasan Suriah-Turki antara kedua belah pihak; rezim Suriah mengeksploitasi insiden kecil untuk menutupi isu-isu penting yang dapat melayani kepentingannya, "tambah Hisso.

Dengan panjang 800 km, Suriah memiliki perbatasan terpanjang dengan Turki di antara itu negara-negara tetangga; perbatasan itu terutama di bawah kendali para pejuang Unit Rakyat Perlindungan Kurdi (YPG) dan mujahidin Daulah Islam (IS/ISIS). (an/ara)


latestnews

View Full Version