View Full Version
Ahad, 22 Feb 2015

Pasukan India Klaim Tewaskan 2 Mujahidin dalam Baku Tembak di Kashmir

KASHMIR, INDIA (voa-islam.com) - Pasukan keamanan India telah menewaskan dua mujahidin yang diyakini terkait dengan gerakan pro-kemerdekaan di Kashmir dalam baku tembak di wilayah yang dijajah India.

Para prajurit India mengepung desa utara Thagund di distrik Baramulla ketika baku tembak meletus, klaim juru bicara militer India Letnan Kolonel Nitin N. Joshi, hari Sabtu (21/2/2015).

Para pejuang memulai bentrokan dengan melepaskan tembakan ke pasukan India dalam upaya untuk meloloskan diri dari barikade, pejabat militer India mengklaim.

Insiden itu terjadi sepekan setelah seorang warga sipil Pakistan kehilangan nyawanya saat baku tembak antara pasukan India dan Pakistan di Kashmir.

Militer Pakistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Muhammad Aslam, 60 tahun, terkena tiga peluru di perut ketika pasukan India menembaki wilayah Kashmir yang disengketakan, mendorong tentara Pakistan untuk membalas tembakan tersebut.

Kashmir terletak di jantung permusuhan lebih dari 66 tahun antara India dan Pakistan. Kedua negara bertetangga itu mengklaim wilayah tersebut secara penuh, tetapi memiliki kontrol parsial di atasnya.

Selama 25 tahun terakhir, orang-orang di Kashmir telah terlibat dalam pertempuran pro-kemerdekaan dengan pemerintah India. Penumpasan New Delhi pada protes telah menyebabkan puluhan ribu orang tewas di wilayah yang didominasi oleh Muslim tersebut.

Pakistan dan India telah terlibat tiga kali perang, dua di antaranya atas masalah Kashmir, sejak kemerdekaan mereka dari kekuasaan kolonial Inggris pada 1947. (st/ptv


latestnews

View Full Version