View Full Version
Selasa, 17 Mar 2015

PBB: Pengungsi Suriah Butuh Bantuan 35 Juta USD Setiap Pekan

AMMAN, YORDANIA (voa-islam.com) - Para pejabat di PBB mengungkapkan hari Senin (16/3/2015) bahwa para pengungsi Suriah yang mengungsi di Timur Tengah membutuhkan bantuan sekitar 35 juta USD (-+Rp. 46 miliar) setiap pekan ketika onflik di negara itu mereka memasuki tahun kelima.

"Saat ini kami membutuhkan 35.000.000 USD setiap pekan untuk membantu para pengungsi Suriah di Yordania, Libanon, Turki, Mesir, Irak dan di dalam Suriah. Ini adalah jumlah uang yang besar," kata Jonathan Campbell, koordinator darurat  untuk Operasi Pengungsi Suriah Program Pangan Dunia (WFP) di Yordania, kepada Anadolu News.

Campbell mencatat bahwa hanya 225.000.000 USD telah disetujui untuk program WFP di Yordania tahun ini, turun dari 306.000.000 USD tahun lalu.

"Setidaknya 97 persen dari pengungsi Suriah di Yordania telah dipengaruhi oleh pemotongan bantuan. Mereka hanya bisa mendapatkan beras dan kacang-kacangan, tapi tidak daging, "katanya.

"Beberapa dari mereka hanya dapat satu atau dua kali makan [sehari]," tambahnya.

Suriah telah dalam pergolakan perang saudara sejak pertengahan 2011, ketika protes damai menentang kekuasaan rezim Presiden Bashar al-Assad berubah menjadi perjuangan bersenjata menyusul tindakan brutal dan kejam pemerintahan Syi'ah Nushairy tersebut terhadap para demonstran Sunni.

Menurut data resmi ada sekitar 1,3 juta warga Suriah yang saat ini berlindung di Yordania. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version