View Full Version
Rabu, 18 Mar 2015

Uskup Agung Australia Didakwa Tutup-tutupi Kasus Perkosaan Rekan

SYDNEY, AUSTRALIA (voa-islam.com) - Uskup Agung Katolik Roma di Adelaide, Australia, telah didakwa atas tuduhan menutup-nutupi kegiatan pedofilia yang dilakukan seorang pastor di tahun 1970-an.

Philip Wilson didakwa pada hari Selasa (17/3/2015) karena dugaan kegagalannya untuk melaporkan pemerkosaan yang dilakukan, James Fletcher, rekanya sesama pastor terhadap para anak laki-laki pada 1970-an di Maitland, utara Sydney.

Menurut laporan media setempat, Wilson dianggap pejabat tertinggi Katolik dunia yang menghadapi tuduhan pidana dengan cara ini.

Fletcher mati di penjara pada tahun 2006 karena ia menjalani hukuman penjara untuk pemerkosaan seorang putra altar antara tahun 1989 dan 1991.

Wilson telah membantah sepenuhnya tuduhan itu menambahkan bahwa ia mengambil cuti dari pekerjaannya, "untuk berkonsultasi dengan berbagai macam orang" atas kasus ini.

Jika terbukti bersalah, Uskup Agung itu dapat menghadapi dua tahun penjara.

"Saya pikir itu adalah hari yang sangat, sangat penting bagi Australia, bahwa kita sekarang sudah punya seseorang dalam posisi yang tinggi yang dikenakan dakwaan," kata salah satu korban Fletcher, Peter Gogarty selama wawancara dengan Australian Broadcasting Corporation.

Selama beberapa tahun terakhir, Gereja Katolik Roma telah menghadapi berbagai skandal pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh para pastor di seluruh dunia.

Paus telah berjanji menerapkan kebijakan nol toleransi untuk pelecehan seks anak oleh para anak buahnya. Namun, kelompok hak asasi yang mewakili korban percaya bahwa tidak cukup telah dilakukan.

Vatikan sendiri mengklaim mereka telah memecat sekitar 850 pastor yang melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur antara tahun 2004 dan 2013. (st/ptv)


latestnews

View Full Version