View Full Version
Kamis, 19 Mar 2015

Pejabat AS: Jet Tempur Amerika Serang Pesawat Drone milik Daulah Islam (IS)

IRAK (voa-islam.com) - Pesawat-pesawat tempur AS telah membom sebuah pesawat tak berawak kecil yang digunakan oleh mujahidin Daulah Islam (IS/ISIS) di Irak, para pejabat mengklaim hari Rabu (17/3/2015).

Ini menandai pertama kalinya pasukan pimpinan Amerika telah menargetkan pesawat tak berawak diterbangkan oleh mujahidin.

Serangan itu terjadi pada hari Selasa dekat kota barat Fallujah, menghancurkan "sebuah pesawat yang dikemudikan dari jarak jauh" dan sebuah kendaraan berisi pasukan IS, menurut klaim dari komando militer AS yang mengawasi kampanye melawan IS.

Drone tersebut, digunakan untuk pengawasan medan perang, adalah pesawat "skala kecil" dan tidak setara dengan beberapa pesawat robot canggih buatan AS yang bisa terbang pada ketinggian tinggi atau meluncurkan rudal, sesumbar para pejabat pertahanan AS.

Setelah menerbangkan pesawat tak berawak itu untuk waktu yang singkat, mujahidin Daulah Islam meletakkannya di sebuah kendaraan. Pesawat Amerika kemudian menghantam kendaraan itu di dekat Fallujah, klaim para pejabat.

Amerika Serikat sangat bergantung pada armada drone mereka untuk operasi udara di Irak dan Suriah, menggunakan drone-drone tersebut untuk mengebom sasaran serta memberikan data intelijen tentang gerakan IS di tanah.

Sementara itu pada hari Selasa, rezim Suriah mengatakan pihaknya telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Amerika di dekat pesisir Provinsi pejabat Latakia dan Pentagon mengakui bahwa sebuah pesawat robot itu kehilangan kontak di daerah tersebut. (an/nahar)


latestnews

View Full Version