View Full Version
Senin, 27 Apr 2015

Omar Bashir Menang Mutlak Pemilu Presiden Sudan

KHARTOUM (voa-islam.com) - Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir memerpanjang kekuasaannya yang sudah berlangsung selama seperempat abad dengan kemenangan telak 94,5 persen dalam pemilihan presiden, ungkap Komite pemillihan Sudan, Senin, 27/4/2015.

Bashir yang sudah berusia 71 tahun tampaknya akan semakin kokoh kekuasaannya dalam pemilihan tahun 2015, di mana dia menncapai kemenangan yang mutlak. 

Bashir mengatakan kepada para pendukungnya selama kampanye, bahwa Sudan tidak ingin mengalami kekacauan, seperti yang sekarang melanda beberapa negara Arab.

Di mana dia mengatakan dirinya tidak mendapatkan dukungan Barat, seperti yang terjadi di Mesir, yang merupakan negara tetangga Sudan, dan terjadi pemberontakan oleh militer, dan menggulingkan presiden terpilih Mohamad Mursi. 

Sudan telah menghadapi pemberontakan kelompok milisi Kristen yang didukung Amerika dan Israel, terutama wilayah Darfur sejak tahun 2003. Kemudian, atas campur tangan Amerika dan PBB, kemudian negara yang berada dipinggiran Sungai Nil itu, bagian  Selatan memisahkan diri dari Sudan Selatan pada tahun 2011.

Bashir sendiri menghadapi perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas tuduhan bahwa ia mendalangi genosida dan kekejaman lainnya dalam kampanye untuk menghancurkan pemberontakan Kristen di Darfur.Semua itu hanyalah konspirasi barat dan zionis yang bertujuan menghancurkan pemimpin Sudan. (dtta/aby/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version