View Full Version
Kamis, 21 May 2015

SOHR: Daulah Islam Tewaskan sedikitnya 100 Tentara Pro-Assad di Kota Kuno Palmyra

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Daulah Islam (IS) menewaskan sedikitnya 100 pasukan pro rezim Bashar Al-Assad dalam pertempuran di kota kuno Palmyra sejak hari Rabu, sebuah kelompok pemantau, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan.

Kepala Observatorium mengatakan bahwa Daulah Islam menguasai sepenuhnya kota Suriah kuno Palmyra hari Kamis (21/5/2015).

SOHR mengatakan IS sekarang mengendalikan setengah dari seluruh wilayah di negara yang dilanda perang tersebut.

Kelompok yang berbasis di Inggris itu mengatakan pasukan rezim telah ditarik mundur dari posisi mereka di dalam dan sekitar Palmyra, termasuk dari pos-pos intelijen militer, sebuah bandara militer dan penjara yang IS rebut Rabu malam.

"Pejuang IS berada di seluruh bagian Tadmur, termasuk di dekat situs arkeologi," kepala Observatorium Rami Abdul Rahman mengatakan kepada AFP, dengan menggunakan nama Arab untuk kota itu.

sementara itu Mohammad Hassan al-Homsi, seorang aktivis dari Palmyra mengatakan: "Pasukan Rezim runtuh dan mundur dari posisi-posisi mereka tanpa perlawanan."

Mundurnya pasukan rezim Assad juga dilaporkan oleh media negara Suriah.

Abdul Rahman, yang informasinya berdasarkan sumber-sumber jaringan di lapangan mengatakan sejauh ini tidak ada laporan tentang kerusakan dari artefak-artefak kota bersejarah tersebut.

Kota kuno Palmyra berada di posisi strategis karena terletak di persimpangan jalan raya utama menuju barat ke Damaskus dan Homs, dan timur ke Irak. (st/AFP)


latestnews

View Full Version