View Full Version
Selasa, 26 May 2015

4 Tentara India Tewas dalam Kontak Senjata dengan Mujahidin di Kashmir

KASHMIR, INDIA (voa-islam.com) - Empat tentara India tewas pada Senin (25/5/2015) dalam dua pertempuran terpisah dengan mujahidin di Kashmir India, kata para pejabat, tak lama setelah seorang karyawan toko ponsel tewas dalam serangan lain di wilayah yang disengketakan.

Seorang juru bicara militer mengatakan dua tentara tewas dalam baku tembak saat mujahidin ditemukan mencoba menyeberang dari Pakistan ke Tangdhar di India, 180 kilometer dari kota utama di kawasan itu, Srinagar.

"Selama baku tembak, empat jawan (tentara) menderita luka, yang tiga akhirnya tewas dan satu selamat dari bahaya," kata NN Joshi dalam sebuah pernyataan.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah tentara lain tewas dalam insiden terpisah lebih jauh ke selatan di kabupaten Kulgam. Dua mujahidin gugur dalam kedua insiden tersebut.

Wilayah Kashmir dilanda kekerasan separatis selama lebih dari dua dekade yang telah menyebabkan puluhan ribu orang mati, terutama warga sipil.

Juga pada hari Senin, seorang karyawan toko ponsel ditembak mati ketika kelompok lain dari mujahidin menyerang sebuah toko di kota utara Sopore, sekitar 35 kilometer dari Sringar.

"Seorang karyawan dari franchisee telekomunikasi tewas sementara dua lainnya luka-luka ketika militan menembaki kantor (mereka) ...," kata sebuah pernyataan polisi yang terpisah.

Beberapa kelompok mujahidin Kashmir telah memerangi pasukan India sejak tahun 1989 untuk kemerdekaan atau penggabungan wilayah Himalaya itu dengan Pakistan.

Kashmir telah terbagi antara India dan Pakistan sejak kedua negara merdeka dari Inggris pada tahun 1947.

Kekerasan di wilayah ini terus menurun selama dekade terakhir, namun kontak senjata antara mujahidin dan pasukan pemerintah masih terjadi secara teratur. (st/ptv)


latestnews

View Full Version