View Full Version
Selasa, 26 May 2015

Pasukan Pro Hadi Rebut Kota Daleh dari Pemberontak Syi'ah Houtsi

DALEH, YAMAN (voa-islam.com) - Pejuang Yaman yang bersekutu dengan Presiden di pengasingan Abdu Rabbu Mansour Hadi telah merebut kembali kota Daleh setelah mendorong keluar pemberontak Syi'ah Houtsi, pemimpin lokal, mengatakan hari Selasa (25/5/2015).

Para pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung oleh pasukan yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh telah merebut Daleh bulan lalu ketika mereka berusaha memperluas cengkraman ke selatan, memicu konfrontasi mematikan dengan suku-suku Sunni dan para pejuang selatan.

Pasukan pro-Hadi membuat kemajuan mereka dua bulan menyusul kampanye udara yang dipimpin Saudi yang ditujukan untuk memulihkan kekuasaan presiden.

"Seluruh kota Daleh sekarang di bawah kendali Komite Perlawanan Rakyat," sebuah kelompok payung faksi selatan, kata kepala daerah Saleh al-Mansub.

"Semua pangkalan militer dan posisi strategis di kota itu berada di tangan Komite Perlawanan Rakyat," kata kepala daerah lain, Ali al-Assmar.

Pasukan yang setia kepada Ali Abdullah Saleh di wilayah tersebut telah berpihak pada pemberontak Syi'ah yang juga didukung Iran.

Pada hari Selasa, pejuang selatan pro-Hadi menyerbu beberapa posisi, termasuk basis dari pemberontak Brigade Lapis Baja ke-33.

Sementara itu, pesawat-pesawat tempur koalisi menyerang posisi Houtsi di Gunung sabr di provinsi tengah Taez, dan di provinsi barat laut Hajja, Selasa, kata beberapa saksi mata.

Di Aden, bentrokan berlanjut antara pemberontak Syi'ah dan pejuang lokal di pinggiran utara kota, kata para saksi mata.

Hadi berlindung di Aden setelah ia melarikan diri tahanan rumah di Sanaa pada Februari, namun ia melarikan diri ke Riyadh setelah pemberontak Syia'ah HOutsi mulai mendekati pelabuhan selatan. (st/AFP)


latestnews

View Full Version